Awas! Berani Merokok di Areal Kantor Gubernur Babel Siap Didenda Rp 2 Juta

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi akan menindak tegas para perokok yang merokok di luar zonasi bebas asap rokok

Awas! Berani Merokok di Areal Kantor Gubernur Babel Siap Didenda Rp 2 Juta
Larangan merokok 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi akan menindak tegas para perokok yang merokok di luar zonasi bebas asap rokok di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Ketika perokok melakukan pelanggaran nantinya akan kena sanksi oleh penyidik PNS,” kata Gubernur dalam rilis dari humas Pemprov Babel, Jumat (7/10/2016).

Menurut Gubernur Rustam sanksi denda bagi pelanggar Peraturan Daerah (Perda) dan Pergub tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) itu dikenakan denda mencapai Rp 50 ribu sampai Rp 2 juta.

Denda tersebut bervariasi, lanjut Gubernur tergantung siapa yang melakukan pelanggaran. Gubernur Rustam menontohkan kalau kepala daerah seperti dirinya juga akan kena denda berupa materi yang sangat besar.

Sedangkan bagi yang mengiklankan, menjual, dan mempromosikan juga akan kena denda Rp 500 ribu.

Gubernur menjelaskan pengawasan Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2015 kemudian ditindaklanjuti melalui Peraturan Gubernur No. 46 tahun 2016 dilakukan oleh Satpol PP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan berlaku per 1 November mendatang di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung drg Mulyono mengatakan untuk pembuatan izin kawasan KTR dilakukan oleh instansi SKPD dilingkup Pemprov Babel dan itu diberlakukan juga oleh instansi SKPD yang bersangkutan, ini tidak berlaku di kabupaten/kota.

"Ini berlaku di instansi SKPD lingkup Pemprov Babel, tak terkecuali di Kantor Perwakilan dan UPT - UPT milik pemprov babel,“ katanya.

Untuk sosialisasi Perda Tentang Rokok, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menyebarkan 135 banner di seluruh SKPD lingkup Pemprov Babel dengan rincian masing masing 3 banner, disamping itu juga dibagikan sebanyak 800 lembar stiker yang disebarkan ke setiap SKPD.

“Sosialisasi akan dilakukan pada hari Senin depan tanggal 10 Oktober, pelaksanaannya akan berkoordinasi dengan Satpol PP dan sosialisasi akan dilakukan ke seluruh SKPD," jelasnya‎.

Penulis: Alza Munzi
Editor: Hendra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved