Peringati 1 Muharram, Ikebana Rame-Rame Tanam Bakau di Pantai Rebo

"Jadi intropeksinya hari ini bersama kita menanam bakau untuk memikirkan apa yang harus kita warisi untuk anak cucu kita nantinya. Mudah-mudahan..."

Peringati 1 Muharram, Ikebana Rame-Rame Tanam Bakau di Pantai Rebo
ist
Ikatan Keluarga Besar Kenanga (Ikebana) bergabung dengan Ikebana Muda dan Ikebana dari rantau Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Kalimantan, dan Palembang, dan Bengkulu, Sabtu (8/10/2016) sore foto bersama saat melakukan penanaman sebanyak 500 bibit bakau di Pantai Rebo Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ikatan Keluarga Besar Kenanga (Ikebana) bergabung dengan Ikebana Muda dan Ikebana dari rantau Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, Kalimantan, dan Palembang, dan Bengkulu, Sabtu (8/10/2016) sore melakukan penanaman sebanyak 500 bibit bakau, di Pantai Rebo Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Aksi sosial tanam bakau ini dilakukan dalam rangka memperingati 1 Muharram 1438 Hijriah.

Kegiatan Tahun Baru Islam ini tidak diperingati dengan melakukan kegiatan rutinitas keagamaan yang menanamkan nilai-nilai religius, tetapi juga kegiatan kemasyarakatan agar lebih peduli dengan melakukan aksi peduli lingkungan pesisir Pantai Rebo mengarah ke Tanjung Ratu.

"Kegiatan ini dilakukan mengingat pentingnya kecintaan akan perbaikan daerah pesisir pantai sambil refreshing ke pantai untuk bernostalgia bagi saudara-saudara kami dari rantau mereka pulang dalam perayaan 1 Muharram 1438 H di Kenanga," ungkap Ketua Umum Ikebana Ervawi kepada bangkapos.com.

Menurutnya, mereka juga harus diajak untuk peduli lingkungan, sehingga nuansa perubahan dalam arti kata bukan hanya hijrah dalam arti sempit tetapi konteks yang lebih luas dalam upaya melestarikan lingkungan.

"Jadi intropeksinya hari ini bersama kita menanam bakau untuk memikirkan apa yang harus kita warisi untuk anak cucu kita nantinya. Mudah-mudahan dengan modal semangat dan keikhlasan ini akan membawa manfaat yang lebih baik untuk masa depan keberlansungan makhluk hidup di daerah pesisir pantai," harap Ervawi.

Ia menyatakan Ikebana ingin berkontribusi meskipun kecil, dalam usaha pelestarian lingkungan terutama di lingkungan pesisir pantai yang terdekat dari tempat mereka. Aksi ini menjadi menjadi cerminan kepedulian sosial terhadap lingkungan dengan momen 1 Muharram 1438 Hijriah.

"Kami pingin mengajak Ikebana yang ada di rantau dan para pemuda (Ikebana muda) dan kesemua lapisan masyarakat bukan untuk hura-hura tetapi lebih menekankan intropeksi diri melakukan hal-hal yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," kata Ervawi.

Penulis: nurhayati
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved