Toboali City on Fire

Warga Berebut Ikut Nganggung 1000 Dulang Toboali City On Fire

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer beserta tamu undangan menghadiri acara Nganggung 1000 Dulang

Warga Berebut Ikut Nganggung 1000 Dulang Toboali City On Fire
Bangkapos.com/Riki Pratama
Warga menyantap hidangan pada acara┬áNganggung 1000 Dulang memeriahkan Toboali City On Fire, Minggu (9/10/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riki Pratama

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Usai Fashion Carnaval Toboali City On Fire, Bupati Bangka Selatan Justiar Noer beserta tamu undangan mengikuti acara Nganggung 1000 Dulang, Minggu (9/10/2016) siang.

Bupati bersama rombongan berjalan dari Simpang YPK ke Gedung Nasional tempat digelarnya Fashion Carnaval.

Di sepanjang jalan, Justiar dan tamu undangan diiringan oleh warga yang memikul dulang berisi hidangan. Mereka berbaris rapi di depan rombongan Bupati.

Saat tiba di Gedung Nasional, ribuan dulang sudah tersusun rapi di lantai, tidak hanya di dalam gedung, di luar juga terdapat dulang berisi nasi lengkap lauk pauk. Hidangan itu disajikan siapa saja yang datang ke acara nganggung.

Ketika Bupati tiba, warga yang sudah menunggu lama terlihat berebutan mencari posisi tempat duduk. Keriuhan pun terjadi. Panitia kewalahan mengatur acara karena banyaknya warga yang hadir.

"Nanti dulu bu, tunggu mau dihitung (dulang) dulu, jangan dibuka dulu," kata seorang panitia memperingatkan warga yang sudah bersiap menyantap hidangan di atas dulang bertudung saji.

Acara nganggung ini merupakan rangkaian event Toboali City On Fire pada hari terakhir pelaksanakan acara yang telah berlangsung dari 7-9 Oktober.

Nganggung merupakan budaya membawa makanan lengkap di atas dulang (talam) yang ditutup dengan tudung saji. Di dalam dulang berisi makanan seperti kue, nasi beserta lauk-pauknya dan buah-buahan.

Tradisi ini menunjukkan bahwa masyarakat Bangka Belitung semangat bergotong-royong dan memiliki tali persaudaraan yang erat. Momen ini lah yang menjadikan silaturahmi masyarakat tetap terjaga.

Penulis: Riki Pratama
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved