Pesugihan Babi Ngepet Tak Pernah Mati Meski di Era Android

Yogyakarta kaya dengan beragam urban legend mulai Nyi Roro Kidul, suara kereta tengah malam, pulung gantung hingga pesugihan babi ngepet.

Pesugihan Babi Ngepet Tak Pernah Mati Meski di Era Android
kumpulanmisteri.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, YOGYAKARTA - Tanah Jawa dipenuhi denganurban legend yang tak habis-habis.

Bahkan di era persaingan android dengan apple banyak urban legend yang masih terjaga dalam ingatan masyarakat.

Yogyakarta sendiri termasuk daerah yang kaya dengan beragam urban legend mulai Nyi Roro Kidul, suara kereta tengah malam, pulung gantung hingga pesugihan babi ngepet.

Dalam beberapa literatur termasuk yang sering didengar dari mulut ke mulut, babi ngepet adalah sejenis pesugihan yang melakukan aksinya dengan mengambil uang dari orang lain secara gaib.

Konon dalam praktiknya, nantinya sang pemilik pesugihan akan menjadi seekor babi jadi-jadian yang berkeliling di perkampungan guna menggesekkan badan ke rumah yang akan diambil uangnya secara gaib.

Belum ada yang bisa memastikan kebenaran cerita tersebut, namun dalam banyak kesempatan babi ngepet sering dijadikan tersangka utama jika banyak orang dalam satu daerah atau kampung.

Pertengahan tahun ini di wilayah Mojosongo, Solo, Jawa Tengah juga sempat digegerkan kabar babi ngepet yang bermula dari ditangkapnya seekor babi yang berkeliaran sendirian di tengah perkampungan.

Belakangan perangkat desa setempat memberikam klarifikasi bahwa babi yang ditangkap adalah milik seorang peternak babi yang hendak mengirimkan babi ke Jakarta dan diduga lepas dalam perjalanan.

Di Yogyakarta sendiri belum pernah ada penangkapan langsung tentang babi ngepet namun isu itu tetap muncul tenggelam begitu saja.

Termasuk di salah satu perkampungan yang ada di bantaran Kali Winongo, Yogyakarta, isu ini sayup-sayup terdengar.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help