Siaran Pers

Dikepung Hutan, UBB Satu-satunya Universitas Konservasi Alamiah

UBB yang memiliki luas kampus 146 hektar di Balunijuk, Merawang, Bangka, terkategori sedikit kampus konservasi di Indonesia

Dikepung Hutan, UBB Satu-satunya Universitas Konservasi Alamiah
IST
Kampus UBB masih memiliki hutan alami yang mengelilingi kampus kebanggaan masyarakat Babel ini. Selain beragam tanaman, berbagai burung juga masih banyak hidup di hutan sekitar kampus UBB.

BANGKAPOS.COM, BANGKA, -- Sivitas Akademika Universitas Bangka Belitung (UBB) dan masyarakat Bangka Belitung (Babel) boleh berbangga diri.

UBB yang memiliki luas kampus 146 hektar di Balunijuk, Merawang, Bangka, terkategori sedikit kampus konservasi di Indonesia.

“Bahkan jika dilihat dari sisi keberadaan hutan alami yang ada di dalam kampus, UBB ini mungkin satu-satunya universitas konservasi secara alamiah di Indonesia!,” ucap Wakil Rektor II Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc ketika membuka Kuliah Umum Sosialisasi, Sertifikasi dan Verifikasi Tempat Uji Kompetensi Jurusan Budidaya Perairan dan Manajemen Sumberdaya Perairan, di Ruang Rapat Besar Rektorat UBB, Balunijuk, Rabu (12/10/2016).

Bila kampus lain yang melalui penataan ulang -- antara lain dengan menanam kembali pelbagai jenis tanaman disertai taman -- , kampus UBB terletak di Bukit Makwang, Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, sebelum didirikan pada tahun 2006 adalah hamparan hutan dan kebun.

Hingga kini keberadaan hutan itu tetap dilestarikan, sehingga Kampus UBB -- tempat lima fakultas dan 18 program studi berada -- masih tetap ‘dikepung’ oleh pelbagai jenis tanaman hutan.

Selain memproduksi udara sejuk yang membuat tubuh bugar, di dalam hutan UBB masih hidup ‘merdeka’ berbagai koloni dan jenis hewan langka.

“Di hutan Kampus UBB bahkan masih kita temukan Mentilin, atau lebih dikenal dengan nama Latinnya: Tarsius bacanus. Spesies Tarsius ini hewan endemik, telah ditetapkan sebagai fauna identitas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Agus Hartoko, dalam release yang dikirim Humas UBB, Kamis (13/10/2016). (Doi/*)

Penulis: Dody
Editor: Hendra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved