Siaran Pers

Hutan Kampus UBB Menjadi ‘Rumah’ Berbagai Burung Langka

berbagai jenis hewan domestik itu memang ada hutan Kampus UBB, baliho ukuran besar berisikan gambar hewan

Hutan Kampus UBB Menjadi ‘Rumah’ Berbagai Burung Langka
IST
Kampus UBB masih memiliki hutan alami yang mengelilingi kampus kebanggaan masyarakat Babel ini. Selain beragam tanaman, berbagai burung juga masih banyak hidup di hutan sekitar kampus UBB.

BANGKAPOS.COM, BANGKA, -- Tarsius tergolong hewan nokturnal. Bila malam tiba ia mulai beraktivitas dan menampakkan diri.

Sementara pada siang hari, ia istirahat, dan biasanya bersembunyi di dahan-dahan kecil dengan tinggi tiga hingga lima meter di atas permukaan tanah.

Berbagai informasi ilmiah menyebutkan selain di Pulau Bangka dan Belitung, Tarsius ditemukan di sejumlah tempat di Pulau Kalimantan dan Sumatera, Sabah dan Serawak (Malaysia) serta Brunei Darussalam.

“Hutan Kampus UBB pun menjadi ‘rumah’ berbagai jenis burung yang selain tergolong langka, juga berbulu menarik,” ujar Wakil Rektor II Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc, dalam release yang dikirim Humas UBB, Kamis (13/10/2016).

Burung dimaksud antara lain Caladi Badok (Meiglyptes tukki), Badu Sriganti (Olive-backed sunbird), Cakak Hutan Melayu (Actenoides concretus), Cipoh Jantung (Aegithina viridissima), Cakak Pipi Hitam (Lacedo melanops), Tangkar Kambing (Black Magpie/Platynus lencopterus), Pelatuk Merah (Banded woodpecker) dan Cakak Belukar (White-throated kingfisher).

Menandai berbagai jenis hewan domestik itu memang ada hutan Kampus UBB, baliho ukuran besar berisikan gambar hewan dimaksud sengaja dipasang di samping rektorat.

Di bagian atas baliho tertera kalimat We Proud University with Conservation Forest dalam ukuran besar.

Menurut Agus Hartoko, selain hamparan hutan, UBB juga menanam varietas asli lada Bangka di areal seluas satu hektar. Lokasinya tidak jauh dari lokasi Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi.

“UBB mengembangkan varietas baru yang berasal dari varietas asli Bangka, “ ucap Agus Hartoko, mantan Direktur Pascarsajana Universitas Diponegoro ini. (Doi/*)

Penulis: Dody
Editor: Hendra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help