Belitung Diusulkan Jadi Geopark Dunia

Kemenpar tengah mempersiapkan Belitung membangun Kawasan Wisata Geopark berskala internasional yang diakui UNESCO.

Belitung Diusulkan Jadi Geopark Dunia
Bangka Pos/ Wahyu K
Pulau Batu Belayar di kawasan wisata Pantai Tanjung Kelayang, Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Selasa (9/6/2015). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA – Destinasi prioritas Tanjung Kelayang, Belitung, rupanya tak hanya fokus membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Saat ini, tim Pokja Percepatan 10 Bali Baru yang berada di bawah koordinasi Hiramsyah Syambudhi Thaib itu juga tengah mempersiapkan Belitung membangun Kawasan Wisata Geopark berskala internasional yang diakui UNESCO.

Beberapa tokoh geologi seperti Dyah Erowati ITB 81 dan Oman, Ahli Geopark Kepala Museum Geologi Bandung berada di tim ini.

Siapa yang tak kenal dengan Pulau Belitung? Destinasi bahari yang ngetop melalui film Laskar Pelangi? Yang punya Tanjung Kelayang, kawasan yang sudah ditetapkan menjadi 10 destinasi prioritas? Yang punya pantai dengan batu-batu besar? Yang punya keragaman fenomena geologi? Memiliki keragaman biologi? Dan memiliki keragaman budaya? Semua persyaratan menjadi UNESCO Global Geopark (UGG)sudah dimilikiBelitung.

“Itu sebabnya Belitong diusulkan menjadi Geopark International,” ujar Larasati, PIC Destinasi Tanjung Kelayang Pokja Percepatan 10 Bali Baru Kemenpar, Kamis, 13 Oktober 2016.

Gerak cepat pun langsung dilakoni. Pada 2 September 2016 silam, sudah ada MoU antara Bupati Belitong dengan Alumni ITB 81 sebagai inisiator.

Dalam perjalanannya, tim Persiapan Geopark didukung Museum Geologi Bandung, Gapabel, SGS, BUMD, Pemkab Belitong dan Pemkab Belitong Timur.

Langkah lainnya? Mempresentasikan Geopark Belitung pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geopark Network (GGN) di Torquat, Inggris, akhir September 2016.

Beragam keragaman fenomena geologi, biologi, dan budaya Belitung dipresentasikan. Semua diperkenalkan.

Hasilnya? Desember 2016 nanti, UNESCO memastikan akan ada kunjungan dari salah satu expert geopark/assesor dunia ke Belitung. Dan tahun 2017, diharapkan usulan sudah bisa disampaikan ke tingkat nasional.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help