Inilah 10 Gejala Kanker Mematikan yang Kerap Diabaikan Banyak Orang

Kanker payudara menjadi momok "pembunuh" nomor satu perempuan di Indonesia. Selain penyebabnya belum diketahui pasti, deteksi yang terlambat

Inilah 10 Gejala Kanker Mematikan yang Kerap Diabaikan Banyak Orang
Alodokter
ilustrasi 

BANGKAPOS.COM--Kanker payudara menjadi momok "pembunuh" nomor satu perempuan di Indonesia. Selain penyebabnya belum diketahui pasti, deteksi yang terlambat membuat banyak kasus pada pasien tak dapat ditangani dan berujung kematian.

Padahal jika dideteksi sejak usia muda, peluang sembuhnya sangat besar, bahkan hingga 98 persen.

Guna meningkatkan kepedulian agar semakin banyak orang yang sadar pentingnya deteksi dini kanker payudara, berikut ini adalah 10 gejala kanker payudara yang sebaiknya tidak Anda abaikan.

Yuk, sama-sama dipahami dan sebarluaskan informasi bermanfaat ini. Apa saja gejala tersebut?

1. Benjolan di payudara

"Jika ada benjolan, sebaiknya jangan diabaikan, bahkan jika hasil mammogram Anda mengatakan normal," kata Carolyn Runowicz, MD, survivor kanker payudara dan Profesor Kebidanan dan Ginekologi di Florida International University.

Puting yang bersisik atau mengelupas juga bisa diindikasikan sebagai penyakit Paget dimana sekitar 95 persen wanita yang terkena kanker mengalami tanda ini. Periksakan juga jika mengalami puting berair atau berdarah dan kulit payudara seperti kulit jeruk (dimpling).

Dimpling pun sering dikaitkan dengan kanker payudara inflamasi, sel kanker agresif yang ditandai dengan bengkak, panas, payudara memerah. Selain mengecek riwayat medis Anda dan keluarga, dokter juga melakukan pemeriksaan mammogram atau USG dan mungkin biopsi.

2. Perdarahan tidak teratur

Jika Anda mengalami pendarahan (pascamenopause) setelah menopause (minimal 12 bulan tanpa haid), itu salah satu peringatan kanker. Pendarahan pada saat menopause sering dikaitkan dengan perubahan hormon. Meski demikian, ini harus dievaluasi.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved