Bupati Bangka Minta Ibu Hamil Didata

Tarmizi Saat menilai banyak ibu melahirkan berisiko tinggi yang meninggal dunia sehingga angka kematian ibu hamil cukup tinggi

Bupati Bangka Minta Ibu Hamil Didata
bangkapos.com/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika menghadiri sosialisasi dan penyuluhan peningkatan kelangsungan hidup bayi dan anak serta pencegahan penyakit reproduksi, Senin (17/10/2016) di Gedung Wanita Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka H Tarmizi Saat menilai banyak ibu melahirkan berisiko tinggi yang meninggal dunia sehingga angka kematian ibu hamil cukup tinggi.

Menurut Tarmizi ada ibu hamil yang bekerja di tambang-tambang inkonvensional meninggal. Untuk itu para ibu hamil perlu dipantau dari mulai kehamilan.

"Banyak ibu hamil berisiko tinggi jangan membuat angka kelahiran jelek karena apa? ada yang meninggal, jadi mulai dari kandungan kemudian saat melahirkan dipantau," ungkap Tarmizi ketika membuka sosialisasi dan penyuluhan peningkatan kelangsungan hidup bayi dan anak serta pencegahan penyakit reproduksi, Senin (17/10/2016) di Gedung Wanita Sungailiat.

Ia mengatakan, memang ada program sms bagi ibu hamil yang dibuat oleh dinas kesehatan tetapi belum menjangkau semua lapisan masyarakat seperti di desa-desa.

Untuk itu ibu-ibu hamil perlu didata termasuk di desa-desa terpencil sehingga Pemkab Bangka perlu meluncurkan program bumiristi yakni perguruan ibu hamil beresiko tinggi.

"Ibu hamil perlu dipantau supaya tumbuh dan berkembangnya bayi bagus," harap Tarmizi.

Selain itu ia mengatakan, perlu memperbanyak dokter spesialis baik spesialis kandungan, spesialis bedah, spesialis anastesi dan lainnnya. Selain itu menambah fasilitas di RSUD Sungailiat, RSUD Eko Maulana Ali di Kecamatan Belinyu dan sekarang sedang membangun RSUD Puding Besar.
"Ini jadi tugas pemerintah daerah," kata Tarmizi.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved