Buku Palagan 12, Bisa Menjadi Rujukan Sejarah Lahirnya TNI di Bangka

Benang merahnya sudah ketemu, tinggal bagaimana nanti kita mencari data pendukung lainnya

Buku Palagan 12, Bisa Menjadi Rujukan Sejarah Lahirnya TNI di Bangka
Bangka Pos/ Agus N
Tugu Pahlawan 12 

BANGKAPOS.COM, BANGKA,  -- Ketua Tim Kajian Sejarah Desa Petaling, Ichsan Mokoginta Dasin, mengatakan penelusuran sejarah Petaling tidaklah gampang dan membutuhkan waktu, pikiran dan tenaga.

Alasan ini diungkapkan Ichsan, setelah usai Pemdes dan BPD Desa Petaling Kecamatan Mendobarat membentuk Tim Kajian Sejarah Desa Petaling, Senin (17/10/2016) malam.

"Jujur, kita akan berhadapan dengan minimnya data. Ini butuh kerja keras," ujar Ichsan.

Kendati demikian, lanjut Ichsan, ia merasa optimis kerja besar ini akan menuai hasil sebagaimana diharapkan.

"Paling tidak, kita sudah menemukan runut sejarahnya. Ada era distrik dengan gegadingnya, era kepala negeri dengan lurahnya, dan era camat dengan kepala desanya. Benang merahnya sudah ketemu, tinggal bagaimana nanti kita mencari data pendukung lainnya," jelas mantan jurnalis yang sudah  menulis sejumlah buku Sejarah, Biografi, Sastra dan Tradisi Budaya ini.

Dikatakan Ichsan, momen peralihan status Kecamatan Mendobarat dari subdistrik Pangkalpinang ke wilayah 'kekuasaan' Kabupaten Bangka, juga menjadi data penting.

"Momen ini menjadi data penyerta kapan sesungguhnya Desa Petaling mulai ditetapkan sebagai Ibukota Kecamatan Mendobarat," tegasnya.

Disinggung soal potensi sejarah, ichsan mengatakan, Desa Petaling sangat kaya dan banyak menyimpan potensi sejarah.

"Dalam Buku Palagan 12 yang saya tulis bersama wartawan Bangka Pos Dodi Hendriyanto atau lebih dikenal dengan bangdoi, ada satu fakta sejarah yang tak terbantahkan, bahwa cikal bakal lahirnya TNI di Babel ternyata berawal di desa ini (Petaling). Ini baru dari sisi pergolakan perjuangannya, belum di bidang lain seperti pemerintahan, tradisi budaya, ekonomi bahkan dalam hal agama (Islam)," beber Ichsan. (*)

Penulis: Dody
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved