Home »

Lokal

» Bangka

Olah Air Laut Jadi Air Bersih, PPN Sediakan Air Layak Minum Untuk Nelayan

Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat memanfaatkan pengolahan air laut dengan sistem teknologi Sea Water Reverse Osmosis

Olah Air Laut Jadi Air Bersih, PPN Sediakan Air Layak Minum Untuk Nelayan
bangkapos.com/dok
Sebagian kapal nelayan di dermaga di Pelabuhan Nusantara Sungailiat masih bersandar belum melaut, Jumat (17/6/2016) di Dermaga PPN Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Untuk mengatasi kesulitan air bersih di kawasan pelabuhan, pihak
Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat memanfaatkan pengolahan air laut dengan sistem teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO).

Menurut Kepala PPN Sungailiat, Tri Aris Wibowo sarana air bersih dengan mengelola air laut menjadi air layak ini merupakan upaya pihaknya melengkapi sarana pelabuhan perikanan untuk kepentingan nelayan dan pemangku kepentingan lainnya di sektor perikanan tangkap.

"Sarana air bersih layak konsumsi menggunakan sistem teknologi SWRO tersebut kami didistribusikan ke nelayan yang hendak melaut serta pelaku usaha perikanan tangkap di kawasan pelabuhan perikanan," jelas Aris.

Ia mengatakan kemampuan mesin yang dijaga petugas khusus ini mampu mengolah air laut menjadi air layak konsumsi rata-rata perhari mencapai lebih kurang 20 ton.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan, agar penggunaan air bersih layak konsumsi dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

"Pengolahan air laut menjadi air layak konsumsi menggunakan teknologi SWRO mungkin baru satu-satunya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan aset ini harus dirawat secara baik agar dapat digunakan secara berkelanjutan guna kepentingan nelayan," harap Aris.

Sebagai lembaga penyedia sarana dan prasarana perikanan tangkap, ia mengimbau agar seluruh nelayan ataupun masyarakat umum yang berkunjung di kawasan pelabuhan menjaganya, jangan melakukan pengerusakan yang dapat merugikan bersama.

"Kita menginginkan, pelabuhan perikanan selain sebagai sentra produksi perikanan tangkap nelayan yang didukung berbagai sarana pendukung juga diharapkan sebagai sarana meningkatkan perekonomian," kata Aris.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help