Begini Modus Pencuri Menguras Uang Nasabah Bank

Pelaku pembobol ATM BRI di Kota Mataram, NTB, diduga menggunakan modus skimming.

Begini Modus Pencuri Menguras Uang Nasabah Bank
http://i.investopedia.com
ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, MATARAM - Kapolres Mataram AKBP Heri Prihanto mengatakan, pelaku pembobol ATM BRI di Kota Mataram, NTB, diduga menggunakan modus skimming.

"Kalau kami lihat memang modusnya modus yang sudah lama. Modus yang sekian tahun sudah terjadi di daerah, ini muncul lagi di wilayah Mataram," kata Heri.

Dia mengatakan, pelaku diduga menggunakan alat skimming untuk melihat pin nasabah dan meletakkan alat lain untuk menjiplak atau menduplikatkan kartu ATM milik nasabah.

Heri menjelaskan, alat skimming ini biasanya diletakkan pelaku pada bagian kanopi yaitu penutup keyboard atau penutup tombol angka yang biasanya digunakan untuk memencet nomor pin.

Baca: Aksi Mesum Muda-mudi Ini di Atas Motor Bikin Orang Geleng-geleng Kepala

mesum2
Pasangan muda-mudi ini melakukan hal tak senonoh sambil berkendara di atas motor.

Sementara alat lain, dipasang di bagian keluar masuk kartu pada mesin ATM. Alat ini berfungsi untuk merekam data pada kartu ATM untuk kemudian diduplikatkan oleh pelaku pada kartu ATM baru.

"Perkiraan kita ada dua alat yang digunakan. Skimming sendiri untuk mengintip nomor pin yang dipasang di kanopi juga alat dipasang di tempat memasukkan kartu ATM. Habis mendapat data rekap, diduplikat pada kartu ATM yang baru," kata dia.

Polisi menduga, penyadapan pin dan data kartu ATM milik para nasabah yang menjadi korban sudah berlangsung lama. Hanya saja eksekusi pembobolan ATM dilakukan pada tanggal 21 Oktober 2016 hingga 24 Oktober 2016.

"Eksekusinya tanggal 21-24 Oktober 2016 saat terjadi kekacauan. Tetapi pada saat melakukan penyadapan, seseorang itu (pelaku) melakukan jauh-jauh hari," kata Heri.

Sementara itu menanggapi kasus tersebut, Kepala Kantor Cabang BRI Mataram, Jaya Hardana, mengatakan, setiap hari pihaknya telah melakukan upaya preventif dengan melakukan pengawasan di ATM.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help