Kemensos Berharap Pemerintah Daerah Dukung Dana KSB

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementerian Sosial Adhy Karyono meminta pemerintah daerah

Kemensos Berharap Pemerintah Daerah Dukung Dana KSB
Bangkapos/Zulkodri
Pimpinan Bank Sumsel Babel, Sadikin Sy, ketika menyerahkan bantuan seragam kepada Dinsosnaker Kota Pangkalpinang yang sigerima langsung Direktur perlindungan sosial korban bencana alam Kementerian sosial Adhy Karyono, Jumat (28/10/2016). 

Laporan wartawan Bangka Pos,  Zulkodri

BANGKAPOS.COM,  BANGKA--  Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kementerian Sosial  Adhy Karyono meminta pemerintah daerah ikut mendukung keberadaan Kampung Siaga Bencana (KSB).

Pemerintah bisa ikut menganggarkan kegiatan KSB mengunakan dana APBD tidak hanya ketergantungan dengan anggaran APBN semata.

" Keberadaan KSB merupakan keniscayaan.  Karena ada 323 daerah di Indonesia yang beresiko tinggi rawan bencana jadi sudah sewajarnya Pemda juga mensuport keberadaan mereka,  selain amanah UU 24 2007 Pasal 28 penangulangan bencana harus dan efektif apabila melibatkan atau berbasis masyarakat langsung, " ujarnya saat ditemui di sela-sela  Pelatihan sekaligus simulasi penangulangan Bencana di Taman Mandara Kota Pangkalpinang,  Jumat ( 28/10/2016).

Dikatakan Adhy,  hingga saat ini,  di Indonesia dari 90 lokasi,  sudah terbentuk 424 KSB termasuk KSB Kelurahan Rawa Bangun yang baru terbentuk.

" Dari jumlah tersebut,  baru 320an KSB yang dibiayai oleh APBD sisanya masih tergantung dengan APBN. Padahal kita ketahui dari target pengungsian 1 .300.000 kementerian maupun BNPB baru bisa tercover 20 persen saja. Sisanya dibantu oleh masyarakat kita sendiri yang banyak memiliki jiwa sosial, " ungkapnya

Dengan terjunnya masyarakat langsung atau istilahnya penangulangan bencana berbasis masyarakat diharapkan dapat mengurangi dampak dan resiko terjadinya bencana di wilayah tersebut.

" Pembentukan KSB ini,  satu KSB mulai dari pelatihan hingga simulasi diperkirakan anggarannya menghabiskan 100 juta. Semakin banyak KSB, kita harap resiko serta dampak bencana akan dapat diminimalisir, " ucapnya. (Zky)

Penulis: zulkodri
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help