Kang Emil Pimpin Deklarasi Bandung untuk NKRI Catat Lima Poin Penting Ini

''...Apa pun baju, profesi, agama serta satus kita hari ini, kita harus membela NKRI.''

Kang Emil Pimpin Deklarasi Bandung untuk NKRI Catat Lima Poin Penting Ini
dok
Logo Deklarasi Bandung untuk NKRI 

BANGKAPOS.com - Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil, memimpin acara Deklarasi Bandung Untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diadakan oleh Perkumpulan Bandung Untuk NKRI, di Stadion Siliwangi Bandung, Minggu (30/10/2016).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu juga menyampaikan orasi kebangsaan dan memimpin pembacaan teks Deklarasi Bandung untuk NKRI didampingi oleh lima tokoh lintas agama.

Baca: Isu Demo 4 November Bakal Rusuh, Ini Reaksi Mabes Polri

Baca: Brimob se-Indonesia Siaga I Antisipasi Gangguan Keamanan Pilkada

Dalam orasinya Emil mengatakan, kehadiran manusia yang membawa badan dan melangkahkan kakinya di muka bumi ini ialah untuk menyatakan hati dan menguatkan niat tentang ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada nusantara dan kesetiaan kepada NKRI serta Pancasila.

"Mari kita ikrarkan kesetiaan kita kepada Indonesia yang tanahanya menjadi tempat naungan kita, yang udaranya kita hirup karena sesungguhnya cinta kita adalah cinta kepada sang Maha Pencipta, cinta kepada alam dan tanah air," kata dia.

Baca: FPI Bantah Terima Rp 10 Miliar untuk Demo Ahok: Itu Dana Gotong Royong

Baca: Putri Bung Karno Laporkan Habib Rizieq ke Bareskrim, Ternyata karena Hal Ini

Menurut dia, yang menjadi musuh utama manusia saat ini adalah dirinya sendiri sehingga ia mengajak seluruh warga yang hadir di acara tersebut untuk melawan kebodohan dan kesombongan dalam diri masing-masing dengan kecintaan dan ketaatan kepada Tuhan dan alam.

"Jadilah manusia Indonesia yang memberi bukan memakai-maki, jadilah manusia Indonesia yang tangannya di atas bukan di bawah. Apa pun baju, profesi, agama serta satus kita hari ini, kita harus membela NKRI," ujar Emil.

Baca: Ini Dia Sirkuit MotoGP 2018 di Palembang

Baca: Gubernur Alex Bertemu Promotor MotoGP, Sirkuit Jakabaring Segera Dibangun

Sementara itu Ketua Umum Bandung untuk NKRI Priana Wirasaputra mengatakan, Deklarasi Bandung untuk NKRI adalah sebuah kegiatan pernyataan bersama yang dilakukan oleh puluhan ribu warga Kota Bandung dari berbagai lapisan dan sebagai pengingat akan pentingnya arti dari nilai-nilai Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, perdamaian, kerukunan hidup dan nasionalisme.

"Kegiatan ini kumpulan dari orang-orang yang mempunyai harapan dan semangat mengenai wilayah Bandung yang damai bersatu demi NKRI. Deklarasi nanti akan berisi nilai-nilai dari pilar kebangsaan kita," kata dia.

Baca: NEWS VIDEO: Cewek Pembalap Dragrace Ini Tewas Tabrak Pembatas Jalan saat Tes Motor

riska sebelum tewas
Riska ketika akan mencoba kendaraan drag race

Ia menuturkan ada berbagai alasan mengapa perlu diadakan kegiatan tersebut karena saat ini muncul sejumlah masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernergara dan mulai lunturnya nilai-nilai kebangsaan, kerukunan, nasionalisme dalam pelaksanaan pembangunan.

"Beberapa peristiwa dan fakta menunjukkan adanya sikap intoleransi, radikalisme, separatisme dan pelaksanaan kehendak yang inkonstitusional dari sebagian kelompok masyarakat," katanya.

Baca: Miss Grand International Ariska Putri Pertiwi Pakai Bikini Begini Reaksi Kampusnya UISU

Ariska Putri Pertiwi  I
Ariska Putri Pertiwi
Halaman
12
Editor: Idandi Meika Jovanka
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved