Masih Anggap Remeh Profesi Chef? Jangan Kaget Gajinya Ternyata Bisa Lebih Besar dari GM Hotel

Profesi juru masak profesional ini kini tidak bisa dipandang sebelah mata. Chef bisa bergaji puluhan juta rupiah per bulan, bahkan lebih.

Masih Anggap Remeh Profesi Chef? Jangan Kaget Gajinya Ternyata Bisa Lebih Besar dari GM Hotel
ist
Chef Novotel Janus Haruman 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Dulu profesi sebagai koki (chef) profesional kurang diminati. Namun, sekarang banyak orang berlomba-lomba menjadi chef.

Profesi juru masak profesional ini kini tidak bisa dipandang sebelah mata. Chef bisa bergaji puluhan juta rupiah per bulan, bahkan lebih. Secara umum caji chef hanya kalah dari general manager (GM) di sebuah hotel. Tapi untuk beberapa chef ternama gajinya bisa mengalahkan sang bos GM di satu hotel.  

"Enggak ada yang instant. Saya juga dulu dari tukang cuci piring kemudian belajar. Makanya saya tekankan kalau di dapur memang agak keras," ujar Hasanudin, Executive Chef di Menumbing Heritage Bangka kepada Bangka Pos, belum lama ini.

Baca: Pengacara Dimas Kanjeng Pesta Sabu di Kamar Hotel usai Pemeriksaan Beberapa Sultan

Dia mengatakan, "Kalau kita punya kemampuan, gaji itu mencukupi. Kalau sekarang alhamdulillah, saya tercukupi semua meski anak istri jauh di Bekasi, tapi namanya juga cari nafkah."

Berapa besaran pendapatan chef

"Sekadar informasi, gaji para chef untuk kelas kafe-kafe saja bisa di atas Rp 3 juta per bulan. Sementara chef di hotel berbintang dan chef lulusan luar negeri gajinya bisa sampai Rp 10 sampai Rp 25 juta per bulan. Bahkan ada yang digaji dengan dollar AS. Bahkan tak jarang gajinya lebih besar dari General Manager hotelnya, ” ungkap Ibnu Darmawan F&B Manager Java Paragon Hotel dan Residences Surabaya.

Baca: Kang Emil Pimpin Deklarasi Bandung untuk NKRI Catat Lima Poin Penting Ini

Denny Loka, Chef Western Resto, Bar & Lounge de Kasteel Surabaya mengatakan saat ini di Indonesia, profesi sebagai chef mendapat respons yang sangat bagus.

“Profesi sebagai chef sangat menjanjikan. Jangan kuatir, dari segi finansial pun akan terjamin. Selain itu, saya memiliki banyak waktu bersama keluarga,” ungkapnya.

Saat ditanya tentang pendapatan finansial dari profesi ini, Denny enggan menjawab secara detil. “Ya, pokoknya ada dua digit lah. Tidak etis rasanya saya menyebutkan angka detail,” katanya.

Hasanudin sudah 25 tahun berprofesi sebagai chef. Sebelumnya, pria yang lahir dari keluarga kurang berkecukupan ini pernah tinggal sebatang kara di Batam, Kepulauan Riau. Di sana, dia melakoni berbagai pekerjaan seperti loper koran hingga bekerja di pelabuhan.

Baca: Yuk Intip Mewahnya Rumah di Atas Lahan 4.000 M2 yang Diberikan Negara pada SBY 

rumah sby
Rumah baru Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono pemberian negara yang terletak di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.
Halaman
1234
Editor: Idandi Meika Jovanka
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help