Inilah Desain Dinding Perbatasan AS-Meksiko Trump

"Berdasarkan pernyataan Trump, kondisi ekonomi, ekologi, dan aspek keuangan telah digabung menjadi sebuah pertanyaan, namun Trump tetap ..."

Inilah Desain Dinding Perbatasan AS-Meksiko Trump
Estudio 3.14
Desain dinding perbatasan yang dirancang oleh Estudio 3.14. 

BANGKAPOS.COM, NEW MEXICO -- Publik tentunya masih ingat janji calon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump soal pembangunan dinding di sepanjang perbatasan AS-Meksiko jika terpilih nanti.

Baca: IPW Minta Polri Jangan Lebay, Urungkan Rencana Terjunkan Polisi Berjubah dan Bersorban!

Para ahli menyatakan rencana tersebut tak akan berhasil dilakukan Trump ketika terpilih nanti karena penjelasan proyek tersebut cukup sulit untuk dibayangkan.

Baca: Ahok Tiba-tiba Diangkut Pakai Angkot ke Polsek Kebon Jeruk, Ternyata Ini Penyebabnya

Hingga pada akhirnya sebuah firma arsitektur asal Meksiko Estudio 3.14 merancang serangkaian desain untuk menunjukkan tantangan dan kondisi lansekap yang membuktikan bahwa dinding tersebut tak mungkin bisa dibangun.

"Berdasarkan pernyataan Trump, kondisi ekonomi, ekologi, dan aspek keuangan telah digabung menjadi sebuah pertanyaan, namun Trump tetap melanjutkannya dengan rencana verbalnya saja," tulis Estudio 3.14.

Baca: Heboh, Menantu Mama Amy Ternyata Ungkap Misteri Transferan Rp 5 juta Dari Ayu Ting Ting

Lebih lanjut mereka mengatakan bahwa sebagai arsitek dan desainer, mereka memiliki kapasitas untuk mengimajinasikan dan menginterpretasikan perkataan Trump.

DINDING TRUMPEstudio 3.14
Dinding perbatasan Trump yang dirancang oleh Estudio 3.14.

Estudio 3.14 juga yakin apabila mereka bisa membuat orang melihatnya maka orang-orang bisa menilai kekeliruan dari proposal dan kata-katanya.

Pada gambar tersebut, dinding digambarkan dengan warna merah muda cerah yang dibuat oleh arsitek Meksiko Luis Barragan dan disesuaikan dengan perkataan Trump bahwa dinding tersebut akan terlihat "cantik."

Dinding tersebut melewati badan air, pegunungan, dan gedung-gedung sehingga menunjukkan betapa gilanya struktur yang ada apabila jadi direalisasikan.

Kebanyakan bagian perbatasan itu melewati tanah-tanah publik yang dimiliki oleh taman nasional sehingga dinding tersebut bisa memiliki dampak buruk pada lingkungan.

Masalah tak berhenti sampai di situ, musim pasang surut Sungai Colorado dan Rio Grande juga menjadi tantangan rencana tersebut.

Estudio 3.14 berharap dengan membuat desain perbatasan menjadi lebih jelas maka orang-orang akan mulai benar-benar mengerti masalah yang ada di janji Trump itu. (*/www.inhabitat.com ,)

Penulis : Ridwan Aji Pitoko

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved