Bawaslu Panggil Anggota DPRD Belum Cuti Tapi Ikut Kampanye

Zul Terry Aspupi mengatakan pihaknya akan memanggil beberapa anggota dewan untuk melakukan klarifikasi terkait keikutsertaanya dalam kampanye

Bawaslu Panggil Anggota DPRD Belum Cuti Tapi Ikut Kampanye
Pos Belitung
Ketua Bawaslu Babel, Zul Terry saat melakukan kunjungan supervisi coklit ke Desa Cendil, Kamis (15/9).

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Anggotan DPRD yang terlibat dalam kegiatan kampanye wajib untuk melakukan cuti. Hal ini tertuang dalam PKPU nomor 12 tahun 2016 pasal 61 ayat 1.

Berdasarkan informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel baru satu anggota Dewan Provinsi yang mengajukan surat cuti yakni Ketua DPRD, Didit Srigusjaya.

Ketua Bawaslu Babel, Zul Terry Aspupi mengatakan pihaknya akan memanggil beberapa anggota dewan untuk melakukan klarifikasi terkait keikutsertaanya dalam kampanye namun tidak menyerahkan surat cuti.

"Kita akan panggil beberapa anggota dewan dan klarifikasi mereka, karena sampai hari ini belum ada surat cuti, mereka harus cuti kalau mau terlibat dalam kegiatan kampanye," kata Zul Terry saat ditemui Bangka Pos, Rabu (2/11).

Zul Terry mengatakan dirinya akan melakukan klarifikasi pada tanggal 6 November mendatang. Menurut Zul Terry surat cuti tersebut juga harus ditembuskan ke KPU dan Bawaslu.

"Salah satu yang akan kami klarifikasi pada tanggal 6 itu saudara didit, Adet, Syamsuhardi, juga saya akan panggil Amin, karena mereka ada melakukan turun kampanye, jadi kita akan panggil untuk klarifikasi sebelum sentra Gakkumdunya ada," terangnya.

Ia menegaskan bagi anggota dewan yang ingin terlibat kampanye harus mengajukan surat cuti, namun ia belum dapat memastikan akan ditetapkan sanksi atau tidak pasalnya dirinya akan melihat hasil klarifikasi.

"Kita tunggu hasil klarifikasi, banyak yang akan Bawaslu panggil sesuai dengan daftar tim kampanye itu dari masing-masing calon. termasuk dewan kabupaten/kota nanti Pnawas kabupaten/kota yang akan panggil karena aturannya wajib cuti, mereka boleh kampanye tapi harus cuti" sebutnya.

Ketua KPU Babel, Fahrurrozi menjelaskan bahwa pihaknya baru menerima surat cuti dari Ketua DPRD, Didit Srigusjaya.

"Didit sudah mengajukan surat cuti untuk kegiatan deklarasi, cuti itu kan pada saat kampanye bukan tahapan kampanye yang tanggal 28 Oktober-11 Februari nanti," ujar ketua KPU Babel, Fahrurrozi saat ditemui Bangka Pos, Selasa (1/11).

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved