Ada Suara Misterius 'Hum' Terdengar dari Kutub Utara, Bikin Takut Warga dan Binatang

Berbulan-bulan lamanya penduduk di Nunavut, Kanada, dihantui oleh suara misterius yang berasal dari dasar lautan. Suara aneh tersebut bahkan ...

Ada Suara Misterius 'Hum' Terdengar dari Kutub Utara, Bikin Takut Warga dan Binatang
Daily Mirror/Getty

BANGKAPOS.COM -- Berbulan-bulan lamanya penduduk di Nunavut, Kanada, dihantui oleh suara misterius yang berasal dari dasar lautan. Suara aneh tersebut bahkan menakuti mamalia laut yang hidup didaerah tersebut.

Baca: Komjen Pol Ari Dono: Mekanisme Gelar Perkara Kasus Ahok Masih Dibahas

Penduduk sekitar yang telah berbulan-bulan mendengarnya merasa putus asa dan meminta bantuan militer untuk menyelidiki suara misterius itu.

Baca: Mahfud MD Imbau Seluruh Kader HMI Tenang dan Waspada Terkait 5 Aktivis HMI Ditangkap

Suara yang terdengar mirip dengan suara "ping", "hum", atau "beep" ini dilaporkan berasal dari suatu tempat di dasar laut di Selat Hecla dan Fury, merupakan terusan sempit di Nunavut. Nuvavut adalah wilayah berpenduduk paling sedikit di Kanada. Penghuninya cuma sekitar 31.000 orang.

Baca: Jusuf Kalla Sebut Dunia Susah Jika Donald Trump Menang

Penduduk lokal Nuvavut biasanya masih suka berburu anjing laut dan paus. Selat Hecla dan Fury yang dikelilingi es adalah area berburu favorit. Di tempat inilah mamalia biasanya berkumpul untuk mencari makan.

Namun hal ini berubah sejak musim panas yang lalu, saat suara misterius mulai terdengar. Penduduk setempat melaporkan, banyak hewan pergi ke daerah lain.  

Baca: Bebas Bersyarat, Antasari Diminta Jangan Pakai Jalur Politik Bongkar Dalang Pembunuhan Nasrudin

"Daerah itu merupakan rute migrasi untuk paus dan juga anjing laut. Harusnya akan terdapat begitu banyak spesies itu di sana. Namun musim panas ini mereka menghilang," kata pejabat pemerintah setempat, George Qulaut seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (4/11/2016).

"Ini tentu saja menjadi hal yang mencurigakan," tambahnya.

Penduduk sempat menduga, suara misterius tersebut berasal dari survei sonar yang dilakukan oleh perusahaan tambang, Baffinland Iron Mines Corporation. Namun juru bicara perusahaan itu membantah.

Lainnya menyalahkan Greenpeace, mencurigai organisasi itu menempatkan perangkat sonar dengan tujuan agar mamalia laut pergi dan selamat dari perburuan. Namun Greenpeace juga membantahnya.

Peneliti sendiri belum bisa menjelaskan bagaimana fenomena ini bisa terjadi.

Direktur Dewan Pertahanan Proyek Mamalia Laut Nasional, Michael Jasny mengatakan sangat penting memahami dunia bawah laut karena ada begitu banyak suara.

Bisa jadi suara tersebut berasal dari spesies ikan tertentu yang 'bernyanyi' untuk memanggil pasangan atau menemukan makanan.

Departemen Pertahanan Nasional Kanada sendiri telah melakukan penyelidikan untuk menemukan jawaban darimana asal suara misterius di selat tersebut.

"Departemen Pertahanan Nasional telah diberitahui tentang suara aneh yang berasal dari selat Fury dan Hecla. Kami sudah mengambil langkah untuk menyelidiki situasi ini," terang juru bicara dari Departemen Pertahanan Nasional Kanada tersebut.

Penulis : Kontributor Sains, Monika Novena

Editor: asmadi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved