Bayar Seikhlasnya, Yuk Nikmati Ketenangan Pantai Pukan

Deburan ombak yang tenang, seirama dengan cuaca teduh di Pantai Pukan, Dusun Mudel, Desa Airanyir

Bayar Seikhlasnya, Yuk Nikmati Ketenangan Pantai Pukan
bangkapos.com/Alza
Karcis sewa pondok dan suasana di Pantai Pukan‎, Minggu (13/11/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM,‎ BANGKA - Deburan ombak yang tenang, seirama dengan cuaca teduh di Pantai Pukan, Dusun Mudel, Desa Airanyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Minggu (13/11/2016).

Riak gelombang air laut yang bersahabat, menjadi lokasi pas untuk keluarga dan anak-anak bermain menikmati suasana pantai.

Bagi yang hobi memancing, bolehlah melempar mata kail di laut berwarna ‎biru agak kecoklatan itu. Beruntung konstur pantai yang datar, pemancing bisa berjalan sekitar 100 meter ke tengah laut.

Pantai Pukan menjadi lokasi wisata alternatif yang dikelola pemerintah desa setempat. Cukup membayar seiklhasnya di pintu masuk, pengunjung bisa menikmati ketenangan pantai dengan hamparan pasir putih.

Garis pantai yang sangat panjang, sekitar 1 Kilometer, membuat tidak bosan mata memandang. Meski, tidak ada sesuatu yang unik dari pantai ini.‎

Gradasi warna air laut berpadu pasir putih juga terlihat biasa-biasa saja. Tidak ada bebatuan granit, pada umumnya pantai-pantai di Pulau Bangka dan Belitung.

Sekali lagi, Pantai Pukan menawarkan ketenangan dan suasananya yang teduh. Puluhan pohon Ketapang dan deretan pondok, menjadi pertanda pantai ini cocok bagi penikmat suasana damai.
Tapi, duduk di pondok tidak gratis. Pengelola memungut iuran Rp 50 ribu untuk hari libur dan hari biasa Rp 25 ribu. Disediakan pula, kamar mandi bilas dan WC di sejumlah tempat.

"Tidak apa-apa bayar, daripada ‎kehujanan dan kepanasan. Kalau ada anak kecil, bisa sekalian untuk tidur-tiduran di pondok," ungkap Imel, pengunjung Pantai Pukan kepada bangkapos.com.

Saat hari Minggu atau libur, ‎puluhan pondok dipastikan sudah habis disewa pengunjung. Pilihannya, pengunjung memilih datang lebih awal, sebelum tiba makan siang.

Pantai Pukan sangat mudah ditempuh dari arah mana saja, baik jalan Lintas Timur maupun Selindung, Pangkalpinang.

Jika dari Selindung, setelah Jembatan Baturusa III, sekitar 2 Km sebelah kanan jalan, terlihat papan bertulisan Pantai Pukan.

Masuk sekitar 100 meter, terlihat Pantai Pukan dengan kesederhanaannya. Di tengah jalan lewat pintu masuk, pengurus pemdes menyodorkan jaring mirip tanggok kepada pengunjung.

Jaring itu sebagai tanda iuran masuk Pantai Pukan, yang bisa dibayar seikhlasnya. Biasanya, pengunjung memberikan Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu per mobil.

Mau santai, Yuk ke Pantai Pukan.

Penulis: Alza Munzi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved