Apple Jual Murah iPhone Rekondisi Jelang Tutup Tahun

Beberapa pekan sebelum pesta diskon Black Friday di AS, Apple menjual perangkat flagship-nya dengan harga murah. Hal itu dimungkinkan berkat ...

Apple Jual Murah iPhone Rekondisi Jelang Tutup Tahun
Oik Yusuf/ KOMPAS.com
iPhone 7 Plus varian warna gold 128 GB yang ditunjukkan ke KompasTekno oleh salah satu pedagang di pusat perbelanjaan ITC Kuningan, Jakarta, Rabu (21/9/2016). iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang beredar di sini merupakan barang non-resmi. 

BANGKAPOS.COM -- Beberapa pekan sebelum pesta diskon Black Friday di AS, Apple menjual perangkat flagship-nya dengan harga murah. Hal itu dimungkinkan berkat mekanisme daur ulang alias refurbished atau rekondisi.

Baca: Pemasangan Spanduk Tangkap Ahok di Tanah Abang Ternyata Izin H Lulung

Beberapa perangkat Apple rekondisi yang dijajakan mencakup MacBook Pro, MacBook Air, iPad Air 2, hingga iPhone 6S Plus.

Baca: Ditangkap Tim Intelijen, Profesi Asli Pandapotan Sitohang yang Mengaku Anggota TNI Ini Mengejutkan

Perbedaan harga antara perangkat baru dan refurbished bisa mencapai 200 dollar AS atau Rp 2,6 jutaan, sebagaimana dipantau KompasTekno dari situs resmi Apple, Senin (14/11/2016).

Lini iPhone 6S Plus 64GB, misalnya, hanya dijual 589 dollar AS (Rp 7,8 juta) dari harga orisinil 699 dollar AS (Rp 9,3 juta).

Baca: Hasil Survei, Empat Kasus Ini Buat Elektabilitas Ahok Merosot, Begini Penjelasannya

MacBook Pro yang dijual normal senilai 1.299 dollar AS (Rp 17,3 jutaan) pun menjadi 1.099 dollar AS (Rp 14,6 jutaan) karena merupakan perangkat refurbished.

MacBook Air turun harga tipis menjadi 929 dollar AS (Rp 12 jutaan) dari yang aslinya 999 dollar AS (Rp 13,3 juta). Lini iPad, iPod, iMac, dan Mac Mini juga dijajakan dengan harga lebih murah.

Tak kalah berkualitas
Melalui laman situsnya, Apple mengatakan bahwa perangkat refurbished tak kalah berkualitas dengan perangkat yang benar-benar baru. Pabrikan Cupertino itu sesumbar semua perangkat refurbished yang dijual telah melewati tahap uji coba dan sertifikasi.

Apple pun mengaku sudah mengganti perangkat dengan baterai baru.

"Sebelum kami menjual perangkat refurbished, perangkat diproses untuk memastikan standar tinggi Apple tetap terjaga," kata Apple pada lamannya.

Pembeli juga diberi garansi selama satu tahun. Jika terjadi masalah pada perangkat refurbished yang merupakan kesalahan pabrik, pembeli berhak menerima pertanggungjawaban Apple.

"Anda bisa menambah cakupan garansi lebih luas dengan berlangganan AppleCare," tertulis pada situs.

Saat mencoba mengecek ketersediaan pengambilan perangkat refurbished, KompasTekno tak menemukan lokasi toko di Indonesia maupun di Singapura. Jika ingin memesan, pengambilan tersedia di Apple Store Amerika Serikat dan Inggris. (*/Apple,)

Penulis : Fatimah Kartini Bohang

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved