Jangan Lewatkan, Malam ini Supermoon Teristimewa sejak Indonesia Merdeka, Bagaimana Mengamatinya?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah cuaca. Fenomena langit apapun tak bisa dinikmati bila cuaca tak mendukung. Untuk mengetahui ramalan cuaca

Jangan Lewatkan, Malam ini Supermoon Teristimewa sejak Indonesia Merdeka, Bagaimana Mengamatinya?
dok
Supermoon 

BANGKAPOS.COM--Supermoon terbesar kedua sejak Indonesia merdeka akan terjadi Senin (14/11/2016). Bulan bakal tampak 14 persen lebih besar.

Pengamatan supermoon sebenarnya mudah, tinggal menengadahkan kepala ke atas. Namun, pengamatannya tetap butuh trik agar ukuran bulan yang lebih besar bisa dinikmati lebih jelas.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah cuaca. Fenomena langit apapun tak bisa dinikmati bila cuaca tak mendukung. Untuk mengetahui ramalan cuaca di tempat Anda, kunjungi www.bmkg.go.id.

Pengamat supermoon juga perlu mencari tempat yang lebih gelap.

Saat supermoon, bulan akan 30 persen lebih terang. Cahaya lebih terang kurang terasa bila tempat pengamatan penuh kerlap kerlip lampu kota. Wilayah pedesaan atau pantai bisa jadi pilihan tepat untuk pengamatan.

Dikutip dari The Independent, Minggu (13/11/2016), pengamat juga perlu mempertimbangkan posisi bulan terhadap horison atau cakrawala, garis semu antara permukaan bumi dan langit.

Pengamatan lebih baik dilakukan saat supermoon dengan dengan horison alias saat mendekati terbit akan tenggelam. Kedekatan dengan horizon akan membuat bulan tampak lebih besar.

Untuk itu, penting juga mencari tempat yang lapang. Jangan melakukan pengamatan di tempat yang dikelilingi gedung bertingkat.

Saat supermoon besok, bulan akan berada pada jarak 356.500 kilometer, sekitar 28.000 lebih dekat dari jarak bulan rata-rata, 384.400 kilometer.

Bila berkesempatan mengamatinya, coba abadikan. Lantas, bandingkan dengan foto bulan purnama biasa jika Anda memilikinya. Bisakah menyadari perbedaanya?

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved