Ada 3.100 Pemilih Potensial Non-EKTP di Beltim

Ketua KPU Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Pirmawan angkat bicara soal kemungkinan turunnya partisipasi pemilih

Ada 3.100 Pemilih Potensial Non-EKTP di Beltim
bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Ketua KPU Beltim Pirmawan 

Laporan wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Ketua KPU Kabupaten Belitung Timur (Beltim) Pirmawan angkat bicara soal kemungkinan turunnya partisipasi pemilih di Pemilihan Gubernur Babel 2017 mendatang, khususnya di Belitung Timur.

Dia tak memungkiri kecemasan itu muncul karena adanya syarat kepemilikan eKTP agar diakui sebagai pemilih.

Di Belitung Timur, setidaknya ada 3100 pemilih potensial non-EKTP.

Angka itu muncul berdasarkan sinkronisasi pada aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih) dengan hasil rekapitulasi coklit DP4 oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Angka itu telah kami koordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk diidentifikasi apakah memiliki e-KTP, sudah merekam, atau apakah masuk database kependudukan, itu kategorinya," ujar Pirmawan saat ditemui Pos Belitung usai acara Panwas Beltim di Guest Hotel, Kecamatan Manggar, Beltim, Rabu (23/11/2016)

Dia melanjutkan pihaknya akan kembali berkoordinasi dengan Disdukcapil Beltim.

Kedua lembaga itu akan membuat berita acara hasil verifikasi Disdukcapil terhadap 3100 pemilih potensial non-eKTP.

"Hasil koordinasinya sementara, ada 94 pemilih potensial yang tidak masuk database kependudukan. Itu ada yang pindah, ada yang ganda," kata dia.

Pirmawan mengatakan, jika kepemilikan eKTP dikaitkan dengan partisipasi pemilih, maka hal itu sebenarnya sudah diantisipasi oleh penyelenggara.

"mereka yang tidak terdata dalam database kependudukan, Disdukcapil akan membuat dua surat keterangan (suket), yakni suket pengganti eKTP dan suket Pilkada.

Suket eKTP itu untuk yang sudah merekam tapi belum punya fisik e-KTP. Yang belum rekam, sepanjang terdata di database kependudukan, akan dibuatkan Suket Pilkada,' kata dia. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help