Home »

Lokal

» Bangka

Pemkab Bangka Anggarkan Dana Hibah 2016 Rp 40,6 Miliar

Sekda Sekda Bangka H Fery Insani menegaskan bantuan dana hibah maupun bantuan sosial harus dapat dipertanggungjawabkan

Pemkab Bangka Anggarkan Dana Hibah 2016 Rp 40,6 Miliar
bangkapos.com/Nurhayati
Sekda Bangka H Fery Insani ketika memberikan sosialisasi pertanggungjawaban dana hibah dan bansos, Rabu (30/11/2016) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka. ( 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekda Sekda Bangka H Fery Insani menegaskan bantuan dana hibah maupun bantuan sosial harus dapat dipertanggungjawabkan.

Pasalnya setiap tahun diperiksa langsung oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Bantuan ini setelah kami alokasikan kepada penerima kami mensyaratkan dua hal yang itu sebetulnya dipersyaratkan menteri dalam negeri. Pertama bahwa penerima hibah itu harus mempunyai akte notaris dan berumur paling sedikit tiga tahun, aturannya begitu. Jadi bapak ibu mohon maaf beberapa masjid tidak bisa kita berikan karena tidak punya akte notaris," ungkap Fery ketika memberikan sosialisasi pertanggungjawaban dana hibah dan bansos, Rabu (30/11/2016) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

Menurutnya, pada tahun 2016 ini Pemerintah Kabupaten Bangka menganggarkan dana hibah melalui Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) pada DPPKAD Kabupaten Bangka senilai Rp 40.613.139.000.

Dana tersebut tersalurkan kepada badan, lembaga, organisasi swasta sebesar Rp 36.146.354.000, belanja dana hibah dana bos ke SD swasta sebesar Rp 1.164.325.000, belanja hibah dana bos ke SMP swasta sebesar Rp 1.125.900.000, belanja hibah dana bos ke SMA swasta sebesar Rp 992.880.000 dan belanja hibah dana bos ke SMK swasta sebesar Rp 1.183.680.000.

Namun sampai akhir November 2016, masih ada 12 badan, lembaga, dan organisasi swasta yang belum mengajukan usulan belanja hibah melalui SKPD penanggung jawab bagian administrasi kesra.

Lembaga, badan dan organisasi swasta tersebut yakni Forum Bangka Sehat, Yayasan An– Najah Payabenua, PAUD Terpadu Cahaya Bunda Sungailiat, Madrasah Tsanawiyah Nurul Hidayah Ad Daily Desa Dalil, Lembaga Masjid Al Ikhlas Pangkalniur, Yayasan Al Hidayah Lingkungan Cenderawasih, Yayasan Babus Salam Gang Raya Sungailiat, Lembaga Masjid Nurul Falah Sinar Baru, BKMT Kabupaten Bangka, Sanggar Rebang Emas dan LPPM UGM.

Selain itu masih banyak sekolah, lembaga yang mendapat bantuan hibah baik yang bersumber dari APBD, Daba provinsi maupun pusat belum mengajukan usulan pencairan dan hibah berdasarkan Keputusan Bupati Bangka tentang penetapan nama-nama penerima bantuan keuangan melalui SKPD penanggung jawab yaitu dinas pendidikan.

Sedangkan untuk dana bantuan sosial (bansos) Tahun 2016, Pemkab Bangka melalui Pejabat Pengelola Keuangan Daerah (PPKD) pada DPPKAD Kabupaten Bangka menganggarkan dana sebesar Rp 2.727.500.000.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help