Potensi Air Terbesar di Indonesia Adanya di Kalimantan

potensi air ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti sumber air minum, irigasi, industri

Potensi Air Terbesar di Indonesia Adanya di Kalimantan
Bangkapos/Ryan Agusta Prakasa
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Prov Bangka Belitung, Ir H Hasanudin menanam bibit pohon di sela-sela kegiatan Hari Bakti PU ke-71 di kawasan Kolong Retensi Kacang Pedang. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Selain memiliki potensi sumber kekayaan alam yang cukup memadai, negara Indonesia pun memiliki potensi air yang relatif besar pula.

"Potensi 3.906 km3 potensi air terbesar di pulau Kalimantan sebesar 1.314 km3) dan yang terendah berada di pulau Nusa Tenggara yakni sebesar 50 km3," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Bangka Belitung, Ir H Hasanudin disela-sela membacakan sambutan Menteri PU saat memperingati Hari Bakti PU ke-71 di kawasan Kolong Retensi, Kacang Pedang, Kota Pangkalpinang, Rabu (30/11/2016).

Dijelaskanya potensi air ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan seperti sumber air minum, irigasi, industri, penggelontoran kota, pembangkit listrik dan perikanan.

Tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan air semakin berat dan komplek dari waktu ke waktu, bukan hanya karena kuantitas yang tidak sesuai dengan kebutuhan di beberapa pulau, sementara sisi waktu kita sering mengalami kekeringan di musim kemarau dan kebanjiran di musim hujan.

Oleh karenanya untuk menjawab tantangan pengelolaan air pihak pemerintah termasuk pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha perlu bersinergi untuk menyelamatkan air melalui program dan aksi yang kongkrit.

"Pemerintah sendiri telah menginisiasi antar pelaku tersebut melalui pencanangan gerakan nasional kemitraan penyelamatan air (GNKPA--red) sejak tahun 2005 lalu," katanya.

Koordinasi antar pelaku menurutnya sangat dibutuhkan agar fungsi dan kinerja dan pengelolaan sumber daya air lebih meningkat untuk menghadapi berbagai tekanan yang ada.

"Revitalisasi GNKPA telah disepakati 8 Kementerian diantaranya PU PR, Kemendagri, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Agraria dan Kementerian Lingkungan Hidup termasuk Kementerian Kehutanan," katanya. (rap)

Penulis: ryan augusta
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved