Sumarsono Sebut Kemendagri Beri Perlakuan Super Khusus untuk APBD DKI 2017

Persoalan APBD DKI 2017 sudah rampung akhir tahun ini, sehingga satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI sudah dapat menggunakan anggaran ....

Sumarsono Sebut Kemendagri Beri Perlakuan Super Khusus untuk APBD DKI 2017
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, seusai acara "Nusantara Bersatu", di Lapangan Silang Monas Barat, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberi perlakuan khusus untuk mempercepat pencairan APBD DKI Jakarta 2017. Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri yang juga menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI, Sumarsono, memastikan akan mempercepat evaluasi setelah pengesahan APBD DKI 2017.

Baca: Istri Mario Teguh Panen Sindiran Nyinyir Netizen dan Dibandingkan dengan Ashanty Gara-gara Ini

"Proses di Kemensagri akan dipercepat. Untuk (pengecekan APBD) DKI akan sangat super khusus," kata Sumarsono di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Baca: Bingung, Pengacara Ahok Sebut Proses Kasus Kliennya Super Cepat

Rencananya, Raperda APBD 2017 akan disahkan pada 19 Desember mendatang. Sumarsono memastikan pengesahan APBD 2017 berlangsung tepat waktu. Setelah pengesahan, Dirjen Otda Kemendagri akan mengecek APBD tersebut sebelum pencairan.

Baca: Terungkap, Meggie Diaz Ternyata Mau Disuruh Apa Saja Sama Mas Tukul

"Kalau biasanya butuh waktu 14 hari (untuk pengecekan). Tapi kalau saya, cukup seminggulah," kata Sumarsono.

Ia berharap, persoalan APBD DKI 2017 sudah rampung akhir tahun ini, sehingga satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI sudah dapat menggunakan anggaran tersebut.

Baca: Tito Sebut Aksi Demonstrasi Membuat Investor Tunda Investasi

"Saya kira hampir tidak ada masalah dengan APBD. Baru kali ini kami ciptakan sejarah baru percepatan APBD," kata Sumarsono.

Adapun total RAPBD tahun anggaran 2017 mencapai Rp 70,28 triliun atau meningkat 4,65 persen dibandingkan dengan penetapan APBD 2016 sebesar Rp 67,16 triliun.

Penulis : Kurnia Sari Aziza

Ikuti kami di
Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help