Home »

Lokal

» Bangka

2017, Pemkab Bangka Anggarkan Dana Besar Untuk Pembangunan Jembatan

Pemerintah Kabupaten Bangka pada tahun 2017 nanti cukup banyak menganggarkan dana untuk membangun jembatan.

2017, Pemkab Bangka Anggarkan Dana Besar Untuk Pembangunan Jembatan
IST
Kondisi Jembatan Sempan yang hampir ambruk. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bangka Rendra Basri menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Bangka pada tahun 2017 nanti cukup banyak menganggarkan dana untuk membangun jembatan.

Diakuinya ada beberapa titik jembatan yang sudah dianggarkan pada Tahun 2017 nanti seperti jembatan di Kecamatan Merawang di Desa Kimak, Kecamatan Belinyu, Kecamatan Pemali di Mentabak dan Sempan serta di beberapa kecamatan lainnya.

"Kita melakukan antisipasi jangan sampai tahun depan ada masalah jembatan sehingga 2017 ada prioritas yang kita utamakan di beberapa titik yang mungkin terjadi, ketika ada cuaca yang cukup ekstrem, mengerus bagian bawah jembatan sehingga menyebabkan putusnya jembatan. Banyak yang kita anggarkan di beberapa titik jembatan," jelas Rendra kepada bangkapos.com, Kamis (1/12/2016) di ruang kerjanya.

Sedangkan dari dana yang dianggarkan untuk perbaikan jembatan yang rusak bervariatif dari Rp 200 juta, Rp 500 juta hingga Rp 1 milyar lebih. "Ada beberapa titik jembatan yang dilakukan perbaikan. Seperti di Kimak cukup besar dananya bisa mencapai sekitar Rp 1 milyar. Jembatan itu memang sudah parah," ungkap Rendra.

Politisi Partai Golkar ini menyebutkan disamping karena umur jembatan yang sudah tua, juga akibat proses pembangunan pemukiman, perkebunan dan pertambangan sehingga menyebabkan rendahnya air serapan. Kondisi ini menyebabkan ketika hujan arus air dari bawah dengan daya tampung air yang sempit sehingga mengerus kiri dan kanan jembatan.

"Akibat pengerusan menyebabkan pondasi turun berarti jembatan mengalami kerusakan. Faktor utamanya yakni faktor cuaca, tersumbatnya saluran DAS yang terjadi sehingga penumpukan air satu alur yang menyebabkan jembatan rusak," jelas Rendra

Ia menilai, kondisi ini cukup membahayakan jika dibiarkan, maka dewan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka menganggarkan dana untuk perbaikan agar akses jalan yang menghubungkan antar desa tidak terputus.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help