Pemkab Beltim dan BPS Jajaki Kerjasama Pantau Tingkat Inflasi di Manggar

Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah menjalin kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Beltimbaru-baru ini.

Pemkab Beltim dan BPS Jajaki Kerjasama Pantau Tingkat Inflasi di Manggar
bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Hendri Yani 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah menjalin kerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Beltimbaru-baru ini.

Kerja sama ini adalah terkait pemantauan Indeks Harga Kemahalan (IHK) di Kabupaten Beltim.

Adanya kerja sama ini akan memungkinkan BPS Beltim memantau inflasi dan deflasi di Kecamatan Manggar sebagai wilayah pemantauan.

Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemkab Beltim Hendri Yani mengatakan, adanya kerja sama ini akan memudahkan Pemkab Beltim mengetahui penyebab inflasi di Kecamatan Manggar secara tersendiri.

Selama ini, prakteknya acuan inflasi/deflasi di Belitung Timur mengekor pada Tanjungpandan, Kabupaten Belitung--yang ditetapkan sebagai satu diantara kota penghitungan inflasi nasional.

"Tapi bagi Pemkab Beltim melihat ini sebagai sesuatu yang penting. Sebab ini akan mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan di Beltim," ujar lelaki yang karib disapa Kulok ini, Senin (5/12/2016)

Kulok menjelaskan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Beltim sebelumnya sudah menyarankan pemantauan IHK ini khusus di Beltim.

Sehingga kerjasama itu akhirnya perlu diseriusi lebih lanjut.

"Pemerintah pusat itu juga memperhatikan ini. Di provinsi juga ada, termasuk BI dan TPID kabupaten/kota di Babel, itu ada pertemuan secara periodik, membahas faktor-faktor indeks kemahalan, misalnya jelang natal dan tahun baru," ujarnya. (*)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved