Adv Pasangan Rustam dan Irwansyah

Berikan Program Pro Rakyat, Rustam Ajak Kembali Ke Perkebunan

Calon Gubernur Babel, Rustam Effendi mengatakan perkebunan menjadi sektor yang menjanjikan saat ini. Timah menurutnya hanyalah sesaat

Berikan Program Pro Rakyat, Rustam Ajak Kembali Ke Perkebunan
ist
Cagub Babel nomor urut 2, Rustam Effendi bertatap muka bersama warga Desa Cupat usai menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad, Senin (12/12/2016). 

Laporan wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Saat ini hasil tambang timah sebagai penopang utama ekonomi warga di Kecamatan Parit Tiga tak lagi menjanjikan.

Timah semakin sulit di dapat, pembukaan tambahkan diperketat. Oleh sebab itu perkebunan dan perikanan menjadi ekonomi alternatif bagi warga.

Calon Gubernur Babel, Rustam Effendi mengatakan perkebunan menjadi sektor yang menjanjikan saat ini. Timah menurutnya hanyalah sesaat dan tidak seterusnya. 

"Perkebunan dan sektor kelautan lebih berkelanjutan. Sekarang kesulitan warga sudah terasa karena tambang timah itu hanya sesaat dan orang tertentu saja yang menikmatinya. Mari sama sama kita kembangkan perkebunan ini," kata Rustam Effendi ketika menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Cupat, Senin (12/12/2016).

Pertambangan timah kurun 10 tahun telah menggerakkan ekonomi di Parit Tiga, warga dari luar Babel berdatangan menjadi buruh tambang di darat maupun pantai ratusan unit TI apung dan belasan kapal isap produksi beroperasi di laut sekitar Cupat yang masuk dalam IUP PT Timah.

Warga desa sekitar operasi kapal isap tiap bulan mendapat dana dari pengelolaan KIP.

Makin sulit nya pasir timah penambangan mulai berkurang. Tak ada lagi dana cuma cuma yang diterima warga dari KIP.

"Dari dulu kalau penduduk di sini ya berkebun. Ada karet dan sawit. Tambang laut banyak orang luar, sekarang sudah berkurang," kata Aling (63) warga Cupat.

Menanggapi keluhan warga Rustam mengajak mereka untuk fokus kepada usaha perkebunan.

Sejumlah program bidang perkebunan ini sudah disiapkan, semisal kualitas bibit lada, pengolahan dan harga penyangga karet petani, stabilitas harga sawit rakyat.

"Kita perkuat kembali pertanian dan perkebunan. Selayaknya di daerah Parit Tiga ini juga nanti ada jembatan penghubung ke Belinyu sehingga akses lebih mudah dan berdampak pada ekonomi warga," ujar Rustam.(*)

Penulis: Evan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved