Hari Ini 105 Tahun Lalu, Ekspedisi Amundsen Taklukkan Kutub Selatan untuk Pertama Kali

Untuk menandai kesuksesannya itu Amundsen mendirikan tenda di Kutub Selatan yang menjadi rumah sementara bagi para pionir itu.

Hari Ini 105 Tahun Lalu, Ekspedisi Amundsen Taklukkan Kutub Selatan untuk Pertama Kali
Olav Bjaaland/Wikipedia
Dalam foto yang diambil pada 16 Desember 1911 ini terlihat Roald Amundsen, Helmer Hanssen, Sverre Hassel and Oscar Wisting at di depan "Polheim", tenda yang mereka dirikan di Kutub Selatan. Di puncak tenda berkibar bendera Norwegia 

HARI ini 105 tahun lalu seorang penjelajah asal Norwegia Roald Amundsen dan empat rekannya menjadi orang pertama di dunia yang mencapai Kutub Selatan.

Baca: Geledah Rumah Sri Bintang, Polisi Bawa Dua Karton Berisi Poster Buku Bendera dan Spanduk

Ekspedisi Amundsen ini tiba lima pekan lebih cepat dari tim Inggris yang dipimpin Robert Falcon Scott sebagai bagian dari ekspedisi Terra Nova.

Baca: Inilah Salam Tinju Sri Mulyani di Gedung MK, Senyumnya Pun Mengembang

Untuk menandai kesuksesannya itu Amundsen mendirikan tenda di Kutub Selatan yang menjadi rumah sementara bagi para pionir itu.

Setelah tim Amundsen meninggalkan tempat tersebut, tenda itu menjadi tempat istirahat tim Inggris pimpinan Kapten Scott.

Baca: Beli Lahan Eks Kedubes Inggris, Sumarsono: Bukan Maksud Pak Ahok Membobol APBD

Sayangnya, Kapten Scott dan seluruh anggota timnya tewas dalam perjalanan kembali dari Kutub Selatan.

Berikut beberapa hal menarik terkait ekspedisi Amundsen ke Kutub Selatan:

1. Tak ada yang tahu lokasi persis tenda Amundsen
Foto terakhir tenda yang dipasang Amundsen itu diambil salah seorang kru tim ekspedisi Kapten Scott.

Mereka jugalah orang terakhir kali menyaksikan tenda itu dan hingga 105 tahun kemudian lokasi tenda itu belum ditemukan kembali.

Mencari kembali lokasi tenda Amundsen yang bersejarah itu bukanlah pekerjaan mudah dan kemungkinan besar tak akan pernah bisa menemukan kembali tenda itu.

Sebab, untuk menentukan lokasi tenda itu sangat sulit karena gerakan es yang terus berubah dan kemungkinan besar tenda itu sudah sangat dalam tertimbun salju selama lebih dari satu abad.

Pada 2011, ilmuwan Olav Orheim memublikasikan sebuah artikel yang mengklaim bahwa dia sudah menemukan lokasi tenda bersejarah tersebut.

Halaman
123
Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved