Suzuki DR 200 S Gantikan KLX Sebagai Motor Operasional Polri

Ratusan unit Suzuki DR 200 S terlihat terpakir rapi di salah satu gudang Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Pulo Gadung, Jakarta Utara

Suzuki DR 200 S Gantikan KLX Sebagai Motor Operasional Polri
Istimewa
Suzuki DR 200 S pesanan Kepolisian Indonesia siap dikirim, Rabu (14/12/2016) 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA – Boleh jadi Suzuki Jimny belum ada kejelasan untuk jadi kendaraan operasional Kepolisian Indonesia, tetapi beda cerita dari segmen sepeda motor.

Ratusan unit Suzuki DR 200 S terlihat terpakir rapi di salah satu gudang Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Pulo Gadung, Jakarta Utara, Rabu (14/12/2016). Rupanya, model ini pesanan Kepolisian Indonesia sebagai pengganti Kawasaki KLX 150.

Beberapa karyawan di dalam gudang terlihat sedang melakukan inspeksi terakhir. Sementara itu karyawan yang lainnya sibuk menggeser puluhan unit ke luar gudang untuk dikirim.

Suzuki DR 200 S
Suzuki DR 200 S.

Sumber dari SIS yang bisa dimintai keterangan soal ini menjelaskan sudah dua bulan perusahaaan menjalani proses pengiriman DR 200 S ke kepolisian.

Dikatakan, unit impor utuh yang didistribusikan sebelumnya sudah dipasangi stiker dof dulu sesuai permintaan kepolisian. 

“Jumlahnya lebih dari 2.000 unit,” kata sumber.

Logo Brimob di bodi Suzuki DR 200 S
Logo Brimob di bodi Suzuki DR 200 S.

DR 200 S merupakan spesies dual sport dari Suzuki dengan mesin 4-tak 199cc yang punya satu elemen kunci disukai polisi, yaitu karburator. Menurut sumber, kepolisian punya bengkel sendiri buat mempermudah perawatan. Selain itu, DR 200 S masih menganut Euro II yang jadi alasan lain mengapa dipilih kepolisian.

Suzuki DR 200 S karburator
Suzuki DR 200 S menggunakan karburator dan menganut Euro II.

DS 200 S sudah dilengkapi dengan starter listrik dan pengapian listrik (CDI). Pemakaian rutin didukung suspensi telescopic di depan dan link type di belakang. Pengereman motor seberat 126 kg ini dibantu cakram di depan dan tromol di belakang.

Suzuki DR 200 S
Buku petunjuk Suzuki DR 200 S yang sudah disiapkan.
Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help