DPRD Babel Loyo Dalam Pembentukan Perda, Semangat Kalau Fungsi Budgeting

ketidakhadiran anggota DPRD dan kemudian menyebabkan tidak kuorumnya rapat akan berdampak pada buruknya kinerja DPRD

DPRD Babel Loyo Dalam Pembentukan Perda, Semangat Kalau Fungsi Budgeting
IST
Bambang Ari Satria 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tidak kuorumnya rapat paripurna DPRD Provinsi Babel terkait pengambilan keputusan tiga raperda mendapat tanggapan dari Analis Kebijakan Publik Babel, Bambang Ari Satria, Rabu (28/12/2016).

Dia menilai anggota DPRD tidak perlu merawat kebiasaan buruk dengan tidak menghadiri rapat paripurna. Ini kan bukan hal pertama yang terjadi, bahkan sering sehingga membuat publik kecewa.

Apalagi paripurna kali ini berkaitan dengan pengambilan keputusan penting terkait tiga raperda.

Intinya, ketidakhadiran anggota DPRD dan kemudian menyebabkan tidak kuorumnya rapat akan berdampak pada buruknya kinerja DPRD, khususnya dalam fungsi pembentukan peraturan daerah.

"Bayangkan, ini sudah memasuki akhir tahun. Apakah target realisasi raperda di tahun 2016 tercapai? Atau jangan-jangan target raperda tahun 2016 yang tidak tercapai ini akan membebani target raperda tahun 2017," kata Bambang kepada bangkapos.com, Rabu (28/12/2016).

Rapat paripurna tadi dijadwalkan untuk pengambilan keputusan tiga raperda, yakni raperda inisiatif DPRD tentang pengelolaan sumber daya laut perikanan, raperda tentang penyertaan modal pemprov babel pada PT BPR Syariah Babel dan raperda inisiatif DPRD penyangga harga karet. Ketiga raperda yang akan diketuk palu orientasinya kepada masyarakat.

Bambang menyindir, anggota DPRD jangan hanya gagah dan bersemangat ketika melakukan fungsi budgeting dan pengawasan saja, namun loyo dalam merampungkan fungsi pembentukan peraturan daerah.

"Konkritnya, anggota DPRD harus sadar diri dalam trifungsi kedewanannya," tukasnya.

Penulis: Alza Munzi
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved