Tahun Depan, iPhone 'Made in India' Diproduksi

Apple dikabarkan mulai memproduksi iPhone di India per April 2017 mendatang. Hal tersebut guna memenuhi syarat kandungan lokal

Tahun Depan, iPhone 'Made in India' Diproduksi
Ist
Gambar rekayasa digital iPhone 8. 

BANGKAPOS.COM -- Apple dikabarkan mulai memproduksi iPhone di India per April 2017 mendatang. Hal tersebut guna memenuhi syarat kandungan lokal yang juga ditetapkan pemerintah India.

Di Indonesia, kebijakan serupa tertuang pada aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang disahkan pemerintah pada September lalu untuk diberlakukan mulai Januari 2017.

Kembali ke rencana Apple membuat iPhone "made in India", Wistron ditunjuk sebagai rekanan manufakturnya. Wistron merupakan pabrikan perangkat elektronik asal Taiwan yang selama ini turut menyuplai komponen untuk iPhone.

Menurut sumber dalam, Wistron sedang membangun pabrik perakitan iPhone di Penya, Bengaluru, India. Fasilitas produksinya sendiri ditargetkan rampung pada April mendatang.

"Bengaluru dipersiapkan secara serius," kata sumber yang enggan jika identitasnya diungkap, sebagaimana dilaporkan AppleInsider dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (31/12/2016).

Salah satu bukti penguat bahwa Apple serius dengan rencana iPhone "made in India" tampak pada situs resminya. Bulan ini, Apple membuka lowongan pekerjaan di Bengaluru.

Talenta yang dibutuhkan adalah Operations Program Manager (OPM), New Product Introduction (NPM), dan Product Quality Manager (PQM). Ditilik dari namanya, posisi-posisi itu tampaknya berhubungan dengan proses produksi perangkat.

Meski demikian, bocoran yang beredar belum bisa dipercaya 100 persen. Pasalnya, baik Wistron maupun Apple belum angkat bicara soal isu tersebut.

Bengaluru agaknya bakal menjadi markas Apple di Negeri Tirai Bambu. Pada Juli lalu, pabrikan Cupertino tersebut mengumumkan bakal membangun Akselerator Desain dan Pengembangan seluas 3.700 meter persegi.

Akselerator tersebut ditargetkan mulai beroperasi tahun depan. Fungsinya untuk membina dan mengakomodir para pengembang software lokal agar mampu membenamkan idenya pada sistem operasi Apple, yakni iOS, watchOS, dan tvOS. (*/Apple Insider,)

Penulis : Fatimah Kartini Bohang

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved