Kapal Zahro Express yang Terbakar di Tengah Laut Tinggal Bagian Dasar Saja

Kapal pengangkut ratusan penumpang yang hendak liburan ke Pulau Tidung, Zahro Express, hangus seluruhnya akibat terbakar

Kapal Zahro Express yang Terbakar di Tengah Laut Tinggal Bagian Dasar Saja
Kompas.com
Tampak kapal penumpang Zahro Express yang terbakar telah dibawa ke Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (1/1/2017). Kapal terbakar saat menuju Pulau Tidung pada Minggu pagi, menyebabkan beberapa penumpang meninggal dunia. 

BANGKAPOS.COM - Kapal pengangkut ratusan penumpang yang hendak liburan ke Pulau Tidung, Zahro Express, hangus seluruhnya akibat terbakar di tengah laut pada Minggu (1/1/2017) pagi.

Tidak ada yang tersisa dari bagian atas kapal, tinggal bagian dasar kapal dengan warna hitam pekat tanda hangus terbakar.

Pantauan Kompas.com di Pelabuhan Muara Angke, tempat kapal bersandar, sekitar 90 persen bagian kapal terbakar.

Semua bagian atas kapal, seperti buritan, tempat penumpang, hingga tempat nahkoda mengemudikan kapal hangus semua. Tidak terkecuali bagian mesin kapal di ujung sebelah belakang ikut hangus. Hanya beberapa bilah kayu yang masih terlihat warna cokelat terang di beberapa sisinya.

Petugas SAR gabungan di lokasi sempat menggali puing material kapal yang terbakar dengan sekop. Dari beberapa kali penggalian, nampak puing yang terbakar menumpuk cukup tinggi, hingga setengah gagang sekop tersebut dapat masuk ke dalamnya.

Ketika petugas mengangkat jenazah penumpang yang ikut hangus terbakar, beberapa kali bagian dari kapal tersebut masih mengeluarkan api. Petugas pun harus menyiram air laut ke bagian terbakar, walaupun asapnya masih nampak meski apinya telah padam.

Kebakaran kapal Zahro Express pada Minggu pagi menyebabkan tiga penumpangnya meninggal dunia. Selain itu, 17 penumpang lainnya hingga pukul 01.00 WIB dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian. 

Adapun sebanyak 153 penumpang selamat telah dievakuasi ke daratan. Beberapa di antaranya sedang dirawat di Rumah Sakit Atmajaya, Jakarta Utara, karena mengalami luka-luka.

Para penumpang di kapal tersebut merupakan wisatawan yang hendak menghabiskan masa liburan awal tahun 2017 mereka dengan berekreasi ke Pulau Tidung.

Editor: edwardi
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved