KPU Bangka Gelar Bintek Untuk KPPS

Bimtek ini untuk mensukseskan pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

KPU Bangka Gelar Bintek Untuk KPPS
IST
Foto bersama dengan Si Taban, maskot Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017, Kamis (29/12/2016) saat bimtek KPPS di Gedung Wanita Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka mengadakan Bimbingan Teknis Pembentukan dan Tugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bagi PPK dan PPS se-Kabupaten Bangka, Kamis (29/12/2016) lalu di Gedung Wanita Sungailiat.

Bimtek ini untuk mensukseskan pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 15 Februari 2017 nanti.

Acara tersebut di buka secara langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Bangka H Zulkarnain di dampingi Siti Aminah dan Andi Budi Yulianto dari Komisioner KPU Kabupaten Bangka.

Zulkarnain menjelaskan tentang pentingnya peran KPPS yang akan melaksanakan proses pemungutan dan perhitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ia mengingatkan agar peserta Bimtek terutama Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa/Kelurahan agar benar-benar memperhatikan kelengkapan berkas calon anggota KPPS agar tidak menjadi persoalan di kemudian hari.

Sementara itu Siti Aminah,Kepala Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bangka memaparkan tentang persyaratan yang musti di penuhi oleh Calon KPPS, yakni WNI yang berusia minimal 25 tahun, setia kepada Pancasila, UUD 1945 serta cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, berpendidikan minimal SLTA atau sederajat, sehat jasmani dan rohani, tidak menjadi anggota partai politik sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun.

Selain itu, tidak pernah di penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang di ancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih. Syarat lainnya tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU Kabupaten atau DKPP, belum menjabat sebagai anggota KPPS selama dua periode serta beberapa persyaratan lainnya.

Acara ditutup dengan foto bersama dengan Si Taban,maskot Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017 serta komitmen bersama untuk menyukseskan Pilkada yang akan datang.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved