BangkaPos/

Adv Pasangan BERKAH

Erzaldi Bersyukur Tanaman Melon Subur di Lahan Bekas Tambang

“Kita sudah buktikan, kita bisa hasilkan pangan melalui lahan bekas tambang. Kita ingin jadikan lahan bekas tambang di seluruh Babel bisa hasilkan pan

Erzaldi Bersyukur Tanaman Melon Subur di Lahan Bekas Tambang
Istimewa
Erzaldi Roesman mengunjungi Balai Penyuluhan Kecamatan Namang, Bangka Tengah. (Ist) 

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Di antara empat pasangan calon Gubernur Bangka Belitung, nama Erzaldi Rosman Djohan merupakan calon gubernur yang namanya patut diperhitungkan.

Selain dikenal merakyat dan berprestasi, Erzaldi juga disebut sebagai pemimpin yang banyak terobosan. Salah satunya adalah Erzaldi mampu hasilkan pangan dari lahan bekas tambang.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras kita, lahan-lahan bekas tambang kini bisa hasilkan pangan,” kata Erzaldi.

Langkah Erzaldi itu misalnya terbukti di Bangka Tengah. Awalnya, karena lahan tandus banyak terdapat di Bateng masyarakat hampir tidak ada yang menanam melon. Namun, di tangan Erzaldi yang mengajak bekerja sama berbagai pihak, melon dapat tumbuh dengan baik seperti di Desa Cambai Selatan dan lahan milik Balai Penyuluhan Kecamatan Namang, Bangka Tengah.

Awalnya, beberapa waktu lalu Erzaldi menunjukkan hasil panen melon di Desa Cambai Selatan. Di kebun milik Triatno yang dengan pendampingan dari para penyuluh Bangka Tengah, melon-melon dapat tumbuh dengan baik pada usia 62 hari yang ditanam tanpa junjung dan 70 hari yang ditanam dengan junjung.

"Ini panen pertama kami dalam menanam melon. Alhamdulillah tumbuh dengan baik. Ini berkat penyuluhan-penyuluhan dari bapak Erzaldi,” tutur petani dan pemilik lahan di Desa Cambai Selatan, Triatno.

Selanjutnya yang terbaru pada Desember 2016 ini, Erzaldi juga melakukan panen melon di Balai Penyuluhan Kecamatan Namang. Di lokasi tersebut, dengan cara tanam yang hampir seluruhnya menggunakan junjung dengan di bawahnya dibuat penampung air, melon-melon dengan warna oranye berhasil tumbuh dan berbuah. Bahkan, di lokasi yang hampir seluruhnya dikelola oleh para penyuluh Bangka Tengah juga mampu membuat pupuk kompos, pakan ternak, menanam tanaman cabai, tanaman pangan seperti nanas, lada, jagung dan membudidayakan ikan nila.

“Kita sudah buktikan, kita bisa hasilkan pangan melalui lahan bekas tambang. Kita ingin jadikan lahan bekas tambang di seluruh Babel bisa hasilkan pangan,” kata Erzaldi.

Erzaldi mengatakan bahwa apa hanya dengan komitmen yang tinggi dari pemerintah daerah hal itu bisa tercapai.

“Yang paling penting adalah komitmen kita sebagai abdi negara, itu kuncinya,” kata Erzaldi saat ditanya apa rahasia dia mampu hasilkan pangan melalui lahan bekas tambang.

Sajudin, selaku salah satu penyuluh merasa optimistis dalam beberapa tahun ini dapat terus meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen.

“Kita optimis, di bawah kepemimpinan Pak Erzaldi, lahan-lahan bekas tambang di Babel akan dapat hasilkan pangan. Seperti di Bangka Tengah saat ini,” tutur penyuluh Bangka Tengah. (*/doi)

Penulis: Dody
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help