BangkaPos/

Belitung Akan Bangun Fourt Court dari Uang APBN

rencana sementara bangunan tersebut akan didesain dua lantai lengkap dengan basement.

Belitung Akan Bangun Fourt Court dari Uang APBN
Pos Belitung
Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menegah, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja, Mula Samosir. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menegah, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Tenaga Kerja, Mula Samosir mengatakan untuk meningkatkan akses pasar di luar galeri dan membuka peluang usaha serta tenaga kerja, pihaknya berencana akan membangun sentra kuliner khas Belitung atau Food Court di atas lahan eks SMKK di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan.

Berdasarkan kebijakan bupati, lanjutnya, rencana sementara bangunan tersebut akan didesain dua lantai lengkap dengan basement.

"Tahun ini kami akan melakukan landclearing dan membuat DED. Rencananya pembangunan akan dimulai 2018," ujarnya kepada posbelitung.com, Rabu (4/1/2017).

Ia mengatakan, pembangunan Fourt Court bersumber dari APBN Tugas Pembantuan Menteri Koperasi.

Sedangkan teknis pembangunannya berada di bawah naungan Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja.

Berdasarkan informasi dari Kementerian, lanjutnya, Kabupaten Belitung juga akan mendapatkan program pelatihan dan kegiatan forum group discussion (FGD) tentang pelaku usaha. Tujuannya untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha khususnya di Belitung.

Mula menambahkan, untuk 2017 Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja akan lebih fokus kegiatan pembinaan dan pemberdayaan kepada pelaku UMKM. Tujuannya untuk lebih meningkatkan produktifitas dan kelembagaan dari para pelaku tersebut.

Berdasarkan data 2016 pihaknya mencatat 16.000 UMKM yang tersebar di wilayah Kabupaten Belitung. Namun dirinya mensinyalir masih banyak UKMKM yang belum terdata.

Ia mengimbau kepada dunia perbankan agar lebih eksisi mempromosikan dan memberikan kebijakan permodalan kepada mereka. Menurutnya, geliat ekonomi di bidang UKMKM semakin membaik seiring kemajuan pariwisata di Negeri Laskar Pelangi.

"Jadi dunia perbankan ini jangan ragu-ragu untuk memberikan bantuan modal kepada mereka. Kami berharap perbankan ini memberikan kemudahan, karena para pelaku UMKM ini masih punya tanggungjawab," ujarnya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help