Junaidi Tidak Setuju Karet Jadi Komoditi Utama Kabupaten Belitung

"Kalau untuk berkebun, karet itu bagus. Tapi kalau untuk komoditi utama di Belitung masih belum lah, tetap masih unggul lada,"

Junaidi Tidak Setuju Karet Jadi Komoditi Utama Kabupaten Belitung
Pos Belitung/Dede Suhendar
Kebun karet 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

POSBELITUNG.COM, BELITUNG -- Ketua Komisi II, DPRD Kabupaten Belitung, Junaidi Rahman tidak setuju jika tanaman karet menjadi komoditi utama di Belitung.

Pasalnya, kontur tanah di Belitung dominan mengandung kaolin yang dinilai kurang cocok dengan tanaman yang memiliki akar tunjang.

Menurutnya, sampai sekarang ini lada masih menjadi primadona para petani di Negeri Laskar Pelangi.

"Kalau untuk berkebun, karet itu bagus. Tapi kalau untuk komoditi utama di Belitung masih belum lah, tetap masih unggul lada," ujarnya, Senin (9/1/2017).

Kemudian, dari sisi harga jual karet masih belum stabil. Kondisi tersebut, kata dia, menjadi faktor yang mempengaruhi minat petani untuk beralih jenis tanaman yang ditanam.

Akan tetapi, tanaman karet punya keunggulan tersendiri. Para petani bisa menunda panen ketika kondisi harga tengah tidak anjlok.

"Kalau lada kan tidak bisa seperti itu, jika sudah panen tetap harus. Tapi karet bisa ditunda dulu," katanya.

Meskipun demikian, lanjut Junadi, karet masih termasuk jenis tanaman yang tengah berkembang di kalangan para petani. Bahkan beberapa kali pemerintah provinsi memberikan bantuan berupa bibit siap tanam kepada kelompok petani di Belitung.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved