Paryanta Sebut Aturan Pemberlakuan Jam Malam di Belitung Masih Dikaji

"Memang kemarin kami pernah sampaikan dengan bagian hukum, tapi masih perlu dimatangkan dulu. Terutama menyesuaikan dengan daerah kita,"

Paryanta Sebut Aturan Pemberlakuan Jam Malam di Belitung Masih Dikaji
Bangkapos.com/Evan
Ilustrasi: Satpol PP Pangkalpinang mengamankan pelajar yang bolos saat jam belajar, Rabu (27/8/2014) 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Belitung sudah memikirkan untuk membuat aturan tentang pemberlakuan jam malam bagi pelajar.

Akan tetapi, aturan yang diadopsi dari Daerah Istimewa Jogyakarta itu masih diperdalam demi menyesuaikan dengan kondisi di Kabupaten Belitung.

"Memang kemarin kami pernah sampaikan dengan bagian hukum, tapi masih perlu dimatangkan dulu. Terutama menyesuaikan dengan daerah kita," ujar Sekretaris Disdikbud, Paryanta, Senin (9/1/2016).

Menurutnya, pemberlakuan jam malam merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kenakalan remaja. Mengingat kasus-kasus yang yang terjadi dominan dilakukan di luar jam belajar mengajar atau malam hari.

Akan tetapi, jika mengadopsi aturan tersebut, komitmen orang tua sangat dituntut sebagai pemberi contoh. Misalnya pada pukul 17.00 sampai 21.00 WIB, merupakan jam belajar di rumah dan televisi memang tidak boleh menyala.

"Karena kalau di sana itu, aturan dibuat karena adanya masukan dari masyarakat. Jadi orang tua juga komitmen, kalau masih jam belajar tidak boleh menghidupkan televisi," katanya.

Paryanta mengarahkan aturan tersebut lebih mengarah kepada peraturan bupati (Perbup) dibanding Perda. Karena jika berupa Perda, kajian yang dilakukan harus disertai metode ilmiah dan penelitian.

Selain itu, jika iniasitif muncul dari dinas, pertimbangan terjadinya polemik atau tanggapan negatif bukan tidak mungkin akan terjadi.

"Nanti akan kami konsultasikan lagi dengan pemda," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved