BangkaPos/

Adv Pasangan Berkah

Pakar Lada BATAN Sebut Junjung Bisa Capai 13 Meter

"Saya sudah lihat, junjung lada di Desa Puput. Menurut saya kalau kapuk itu semakin tinggi lada juga akan semakin tinggi mengikuti tajuk hidup itu..."

Pakar Lada BATAN Sebut Junjung Bisa Capai 13 Meter
istimewa
Calon Gubernur, Erzaldi berdiskusi dengan petani lada. 

*Butuh Waktu Beberapa Tahun
*Erzaldi Ikut Sistem Pertanian Lada Seperti Vietnam

CALON Gubernur Bangka Belitung nomor urut empat, Erzaldi Rosman Djohan memiliki fokus pada bidang pertanian, khusus pada pertanian lada. Akan tetapi sebagian masyarakat yang kaget dengan ide-ide yang dilontarkan Erzaldi seperti lada yang tumbuh hingga 13 meter. Erzaldi sebenarnya ingin menerapkan sistem pertanian lada seperti di Vietnam. Di negara tersebut lada dapat tumbuh hingga 13 meter.

Pakar lada dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Dr. Darmawan Darwis, M.Sc. Apt menjelaskan lada dapat tinggi mengikuti pohon pertumbuhan junjung.

Erzaldi menyarankan untuk masyarakat menanam lada menggunakan junjung hidup dengan pohon kapuk. Pohon kapuk sangat kuat dan daunnya tepat untuk mengurangi matahari yang terlalu terik.

"Saya sudah lihat, junjung lada di Desa Puput. Menurut saya kalau kapuk itu semakin tinggi lada juga akan semakin tinggi mengikuti tajuk hidup itu, pohon kapuk," kata Dr. Darmawan Darwis, M.Sc. Apt, saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin (16/1).

Di kebun H. Duk di Desa Puput yang luasnya 42,7 hektar, telah menerapkan sistem penanaman dengan menggunakan junjung pohon kapuk. Kini, setelah berumur satu tahun, kapuk-kapuk tersebut sudah setinggi 5 meter. Butuh waktu 1-2 tahun lagi agar pohon kapuk dapat tumbuh hingga 13 meter.

"Artinya bahwa ide Erzaldi kalau junjung lada itu bisa mencapai 13 meter, itu bisa saja. Memang butuh waktu beberapa tahun," tambahnya.

Ke depannya, H. Duk yang memiliki sekitar 80 ribu tanaman lada akan membiarkan kapuk tersebut hingga 13 meter. Karena hal tersebur dapat meningkatkan produktivitas lada dengan lahan yang tetap sama.

"Kalau lada sehat, lada akan tumbuh seiiring berjalannya pertumbuhan pohon kapuk. Saat ini kebun kami menjadi kebun percontohan di Bangka Tengah. Kami akan terapkan dengan junjung sampai lebih dari 13 meter yang semoga nantinya dapat menjadi percontohan tingkat provinsi dan bermanfaat bagi masyarakat Bangka Belitung seluruhnya," tutur petani lada Desa Puput, Bangka Tengah, H. Duk.

Sebelumnya, untuk mensukseskan cita-cita menjadikan Bangka Belitung menjadi provinsi lada, Erzaldi menyiapkan bibit lada gratis bersertifikasi unggul 1 juta setiap kabupaten.

"Sebagai ikhtiar menjadikan Bangka Belitung sebagai provinsi lada, kami siapkan 1 juta bibit lada bersertifikasi unggul di tiap kabupaten," kata Erzaldi beberapa waktu yang lalu. (*)

Penulis: respisiusleba
Editor: asmadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help