BangkaPos/

Rudal Lintas Benua Inggris Belok ke Daratan Amerika Serikat Padahal Sasarannya ke Afrika

Untungnya, rudal tersebut tidak membawa hululedak nuklir. Kalau sampai sebaliknya, tidak terbayang insiden internasional yang bisa terjadi ...

Rudal Lintas Benua Inggris Belok ke Daratan Amerika Serikat Padahal Sasarannya ke Afrika
google
Rudal balistik antarbenua Trident II. Berbagai sumber menyebutkan, jarak tempuh hingga 11.000 Km. Trident II juga dapat menampung 14 hulu ledak nuklir dan per unitnya berkekuata 475 kiloton bom TNT. 

BANGKAPOS.COM -- Pernah diberitakan mengalami krisis rudal anti kapal untuk kapal kombatan permukaan, Angkatan Laut Inggris atau Royal Navy justru terjun ke jurang yang lebih dalam.

Baca: Ingat!, Setan Ternyata Tak Mampu Menggoda Seorang Manusia Hanya dari Arah Ini

Dalam ujicoba rudal Trident II D5/ UGM-133A Trident II yang diluncurkan dari kapal selam kelasVanguard HMS Vengeance mengalami kegagalan sistem pemandu sehingga jalur terbangnya melenceng keluar dari trayektori yang sudah diprogramkan sebelum peluncuran.

Baca: Unggah Foto Pose Vulgar Ini, Ganindra Bimo Hujan Komentar Pedas

Alih-alih meluncur sejauh 9.000km dan mengarah ke Pantai Barat Afrika seperti yang direncanakan, bocoran dari koran The Sunday Times melaporkan bahwa rudal tersebut justru berbelok dan mengarah ke daratan Amerika Serikat.

Baca: Yuk Intip Mewahnya Rumah Ivanka Trump yang Jadi Tetangga Baru Obama

Untungnya, rudal tersebut tidak membawa hululedak nuklir.

Kalau sampai sebaliknya, tidak terbayang insiden internasional yang bisa terjadi antara dua sekutu yang terpisah samudera tersebut.

Bocoran kegagalan ujicoba yang dilakukan pada bulan Juni 2016 terjadi pada waktu yang tidak bisa lebih buruk lagi.

Pada bulan Juli 2016, atau sebulan setelah kegagalan uji yang disembunyikan tersebut, Parlemen Inggris telah menyetujui program modifikasi dan upgradeTrident dengan nilai proyek sebesar 40 Miliar Poundsterling, suatu jumlah yang tidak sedikit dalam anggaran pertahanan Inggris yang makin mengerucut saja.

Atas bocoran dari The Sunday Times tersebut, banyak anggota Parlemen terutama dari Partai Buruh yang menyuarakan perlunya pemerintah dipanggil untuk menjelaskan kegagalan ujicoba yang diadakan pertama kalinya dalam empat tahun terakhir.

Seperti diketahui, proyek modifikasi dan upgrade Trident menerima lampu hijau setelah PM Theresa May berpidato dan mendorong Parlemen untuk menyetujui proyek untuk mempertahankan kemampuan deterens nuklir Inggris yang tinggal mengandalkan kapal selam nuklir.

Ini merupakan salah satu dari inisiatif pertama yang didorong oleh PM Theresa May begitu ia terpilih sebagai perdana menteri.

Halaman
12
Editor: asmadi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help