BangkaPos/

Ternyata Sosok Raja dari Indonesia Ini Buat Ratu Belanda Jatuh Hati

Ratu Wilhemina memang pernah berkunjung ke Istana Siak Sri Inderapura saat Sultan Syarif Kasim II menjabat. Diceritakan Sukri, itulah saat ...

Ternyata Sosok Raja dari Indonesia Ini Buat Ratu Belanda Jatuh Hati
Sultan Syarif Kasim II 

BANGKAPOS.COM -- Ada yang menarik jika berkunjung ke Istana Siak Sri Inderapura di Siak, Riau. Selain dapat melihat bangunan istana asli, pengunjung juga dapat melihat koleksi barang kerajaan yang masih terawat hingga saat ini. Ada banyak benda memorabilia dari negeri Eropa, China, dan Indonesia sendiri.

Baca: Ingat!, Setan Ternyata Tak Mampu Menggoda Seorang Manusia Hanya dari Arah Ini

Uniknya di istana yang dibangun pada tahun 1889 ini terdapat beberapa benda memorabilia dari Ratu Wilhemina, Ratu asal Belanda yang menjabat dari tahun 1890-1948. Mulai dari foto potretnya seorang diri, foto bersama suami, sampai patung pahatan dirinya saat muda. 

Baca: Rudal Lintas Benua Inggris Belok ke Daratan Amerika Serikat Padahal Sasarannya ke Afrika

"Kenapa ada banyak barang Wilhemina, Pak?" tanya saya pada pemandu Istana Siak Sri Inderapura, Sukri.

"Oh itu," katanya sambil tersenyum penuh makna.

Baca: Di London, Pembersih Rumah Bergaji Rp 800.000 Per Jam, tetapi Harus Telanjang

"Dulu konon katanya Ratu Wilhemina jatuh cinta pada Raja Siak, Sultan Syarif Kasim II," kata Sukri di sela kunjungan familiarization trip Pesonna Hotel Pekanbaru, Kamis (19/1/2017).

Saya cukup takjub, mengingat Ratu Wilhemina pada zaman tersebut adalah sosok superior baik di negerinya Belanda maupun di Hindia Belanda atau Indonesia saat dijajah Belanda.

"Ratu Wilhemina ini jatuh cinta dengan Sultan Syarif Kasim II karena sosoknya yang gagah, rapih, cerdas, dan cinta rakyat," kata Sukri.

Patung Ratu Wilhemina yang ditinggalkan untuk kenang kenangan di Istana Siak Sri Inderapura.
Patung Ratu Wilhemina yang ditinggalkan untuk kenang kenangan di Istana Siak Sri Inderapura.

Ratu Wilhemina memang pernah berkunjung ke Istana Siak Sri Inderapura saat Sultan Syarif Kasim II menjabat. Diceritakan Sukri, itulah saat Ratu Wilhemina jatuh hati pada Sultan yang memiliki darah Arab ini. 

Bukti kecintaan Wilhemina pada Sultan Syarif Kasim II adalah peninggalan kenang-kenangan berupa patung berbentuk dirinya yang saat itu masih muda. Sebagai kenang-kenangan Ratu Wilhemina kemudian meminta patung Sultan Syarif Kasim II untuk dibawa pulang ke Belanda.

"Jadi ada patung Sultan di Belanda sana, Pak?" tanya saya.

Halaman
12
Editor: asmadi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help