Dinkes Bangka Membina dan Mengawasi Tempat Praktek Bidan

Tim Pembinaan dan Pengawasan Pelayanan Kesehatan Kabupaten Bangka, Rabu (25/1) melakukan peninjauan praktek bidan

Dinkes Bangka Membina dan Mengawasi Tempat Praktek Bidan
IST
Tim Pembinaan dan Pengawasan Pelayanan Kesehatan Kabupaten Bangka, Rabu (25/1) melakukan peninjauan praktik bidan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim Pembinaan dan Pengawasan Pelayanan Kesehatan Kabupaten Bangka, Rabu (25/1) melakukan peninjauan praktek bidan di wilayah Puskesmas Sinar Baru dan Puskesmas Pemali.

Tim yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti memantau kondisi fasilitatif asuhan persalinan dan fasilitatif program kesehatan ibu dan anak baik di praktik bidan maupun Puskesmas.

Diantara penyeliaan fasilitatif asuhan persalinan yang dipantau dan diberikan penilaian meliputi struktur fisik ruang persalinanan, perlengkapan dalam ruang, peralatan bahan habis pakai, obat – obatan, prosedur klinis, asuhan bayi baru lahir dan lain – lain.

Sedangkan fasilitatif program kesehatan ibu dan anak diantaranya struktur fisik ruangan, perlengkapan dalam ruang, pelayanan imunisasi, pelayanan ISPA, Pelayanan Diare Pelayanan Antenatal, postnatal anak.

Pembinaan dan Pegawasan dimaksudkan agar pelayanan kesehatan melalui Puskesmas dan praktik bidan tetap prima diberikan kepada masyarakat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Then Suyanti tim yang terbentuk ini melaksanakan tugas pembinaan dan pengawasan tenaga medis, paramedis dan tenaga kesehatan lainnya yang melakukan praktik di wilayah kabupaten Bangka.

“ Setelah melaksanakan tugas pembinaan dan pemantauan, tim membuat laporan atas hasil pembinaan dan pengawasan yang dilakukan dan melaporkan hasil pembinaan dan pengawasan kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka,” jelasnya.

Diharapkannya melalui pembinaan dan pengawasan yang dilakukan dapat terlihat kekurangan yang ada dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas, untuk segera diperbaiki sehingga tidak mengganggu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Untuk selanjutnya tim juga mendokumentasikan hasil laporan sebagai bahan evaluasi kinerja tim.

Sementara itu jadwal pembinaan dan pengawasan tenaga medis, paramedis dan tenaga kesehatan lainnya yang melakukan praktik di wilayah kabupaten Bangka akan menyasar 12 Puskesmas meliputi Puskesmas Sungailiat, Puskesmas Sinar Baru, Puskesmas Pemali, Puskesmas Riau Silip, Puskesmas Gunung Muda, Puskesmas Puding Besar, Puskesmas Bakam, Puskesmas Kenanga, Puskesmas Batu Ruas, Puskesmas Petaling, Puskesmas Penagan dan Puskesmas Belinyu.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved