PDAM Berikan Subsidi Pemasangan Baru dan Tarif Sosial Untuk Masyarakat Kurang Mampu

Direktur PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir mengatakan akan berusaha meningkatkan pelayanan distribusi air PDAM selama 24 jam.

PDAM Berikan Subsidi Pemasangan Baru dan Tarif Sosial Untuk Masyarakat Kurang Mampu
IST
Direktur PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir, Sabtu (16/1/2016) melakukan cek ke meteran PDAM di rumah karyawan PDAM Cabang Belinyu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pada tahun 2017 ini Satuan Kerja Kementerian Pekerjaan Umum di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun Instalasi Pengelolaan Air baru di Kolong Merawang.

Pembangunan kembali IPA ini untuk meningkatkan pelayanan PDAM kepada masyarakat .

Untuk itu Direktur PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir mengatakan akan berusaha meningkatkan pelayanan distribusi air PDAM selama 24 jam.

"Kalau sekarang yang 24 jam hanya di Kota Sungailiat melayani pelanggan. Kita berharap di kecamatan-kecamatan pun kalau bisa untuk 24 jam," harap Wellindra kepada bangkapos.com, Rabu (25/1/2017) di PDAM Tirta Bangka.

Pihaknya juga sudah merekrut lulusan sarjana kimia untuk menangani kualitas dan kuantitas air PDAM, sarjana IT dan sarjana akuntansi demi meningkatkan pelaynan PDAM.

Perekrutan ini untuk mengejar ketertinggalan dan mengikuti kemajuan teknologi sekarang ini. Sedangkan untuk tenaga kerja lama tetap diberdayakan sesuai kemampuan dan kapasitas mereka masing-masing.

Selain itu juga pihaknya akan memberikan subsidi kepada masyarakat yang berpenghasilan di bawah Rp 7 juta untuk pemasangan baru sambungan pipa PDAM.

"Kalau dulunya pemasangan baru Rp 1,5 juta sekarang kita subsidi dengan Rp 500.000. Itu pun bisa dicicil," kata Wellindra

Sedangkan untuk masyarakat kurang mampu dengan melampirkan KTP dan surat keterangan miskin dari kelurahan atau desa bis pemasangan gratis.

Namun untuk pemasangannya saja yang gratis sedangkan untuk pembayaran tagihan pemakaian air PDAM menerapkan tarif sosial.

"Kasihan masyarakat, rumahnya dibantu, listrik dibantu tapi PAM-nya tidak," kata Wellindra.

Oleh karena itu pihaknya akan memaparkan gebrakan-gebrakan yang dilakukan PDAM Tirta Bangka pada tahun 2017 kepada Bupati Bangka, Wakil Bupati Bangka dan Sekda Bangka, DPRD Bangka serta Dewan Pengawas PDAM Tirta Bangka. Mereka juga berterima kasih kepada Pemkab Bangka dan DPRD Bangka yang telah membantu penyertaan modal secara tidak langsung dengan menghapus piutang PDAM.

"Walaupun PDAM belum mendapatkan penyertaan modal murni. Kami berharap untuk tidak ketergantungan tapi salah satu usaha yang kami jalankan, kalau kami pakai penyertaan modal murni kayak PDAM-PDAM lain akan lebih maju," harap Wellindra.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help