BangkaPos/

Belum Genap Sebulan, Ombudsman Babel Sudah Terima 11 Pengaduan Masyarakat

‎11 pengaduan tersebut dilaporkan masyarakat dengan cara datang langsung ke kantor Ombudsman Babel sebanyak 7 pengaduan, melalui telpon

Belum Genap Sebulan, Ombudsman Babel Sudah Terima 11 Pengaduan Masyarakat
Pos Belitung / Dede Suhendar
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Wilayah Babel, Jumli Jamaluddin 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Iwan Satriawan

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Belum genap sebulan di awal tahun 2017 ini, Ombudsman RI Perwakilan Babel sudah menerima 11 pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik di wilayah Bangka Belitung.

‎11 pengaduan tersebut dilaporkan masyarakat dengan cara datang langsung ke kantor Ombudsman Babel sebanyak 7 pengaduan, melalui telpon 1 pengaduan, melalui surat dan email masing-masing 1 pengaduan.

Sedangkan dugaan Mal administrasi yang menjadi pengaduan masyarakat tersebut, meliputi dugaan penyimpangan prosedur 5 pengaduan, dugaan penundaan berlarut 3 pengaduan, dugaan penyalahgunaan wewenang 2 pengaduan, dan dugaan tidak memberikan pelayanan 1 pengaduan.

"Sementara substansi pengaduannya mengenai pertanahan, pendidikan, kepegawaian, perijinan, telekomunikasi, listrik. Masyarakat yang mengadu dugaan maladministrasi pelayanan publik di kantor Ombudsman RI Babel tersebut, berasal dari Kota Pangkalpinang, Kota Pasuruan Jawa Timur, Kota Palembang Sumatera Selatan, Bangka Selatan dan Bangka," ungkap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Babel Jumli Jamaluddin, Jumat (27/1/2017).

Ia menjelaskan Pengaduan masyarakat di Kantor Ombudsman RI Babel pada tahun 2016 dengan jumlah sebanyak 136 pengaduan dan yang telah diselesaikan sebanyak 93 persen, sementara 7 persennya sudah dalam tahap proses selesai.

Di tahun-tahun sebelumnya, Ombudsman RI Babel telah menerima pengaduan masyarakat misalnya pada tahun 2013 (Oktober-Desember) ada 13 pengaduan, tahun 2014 (Januari-Desember) ada 144 pengaduan, tahun 2015 (Januari-Desember) ada 120 pengaduan, dan tahun 2016 (Januari-Desember) ada 136 pengaduan.

Berbagai pengaduan masyarakat yang disampaikan ke Ombudsman RI Babel di bulan Januari 2017 tersebut akan ditindaklanjuti secara profesional dan proforsional serta berpedoman pada ketentuan yang ada.

"Diharapkan pihak-pihak yang menjadi terlapor ataupun instansi terlapor agar responsif terhadap semua pengaduan masyarakat tersebut, sehingga diharapkan agar bisa diselesaikan secara cepat pula," pungkas Jumli.(*)

Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help