Catatan BMKG Sejak 2007 Sudah Tiga Kali Gempa Getarkan Bangka Ternyata Ini Penyebabnya

"Untuk itu masyarakat Pulau Bangka dihimbau agar tetap tenang, mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," kata Rahmat Triyono.

Catatan BMKG Sejak 2007 Sudah Tiga Kali Gempa Getarkan Bangka Ternyata Ini Penyebabnya
Bangkapos.com
Lokasi gempa di wilayah Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat, Jumat (27/1/2017). 

BANGKAPOS.COM, PARITTIGA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang mencatat gempa yang menggetarkan wilayah Kecamatan Parittiga dan Jebus Kabupaten Bangka Barat pada Jumat (27/1/2017) pagi berkekuatan 4,1 Skala richter.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1, Silaing Bawah, Kota Padang Panjang, Rahmat Triyono menyebutkan hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Silaing Bawah, Padang Panjang bahwa gempa yang juga dirasakan warga Belinyu Kabupaten Bangka itu adalah gempa tektonik.

Baca: Anggota Polda Babel Nyamar Bongkar Jual Beli Gadis Remaja Via Medsos

Pusat gempa terletak pada 1,91 LS dan 105,24 BT, tepatnya di darat Kabupaten Bangka Barat pada jarak 29 km arah barat daya Bangka Barat di kedalaman 10 km.

"Hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di wilayah Pulau Bangka bagian barat pada skala intensitas II SIG BMKG (II-III MMI)," kata Rahmat Triyono dalam rilis di akun Facebook BMKG Padang Panjang, Jumat (27/1/2017).

Baca: Hotel Digerebek, PSK Remaja Ini Ternyata Siswa Berprestasi di Sekolahnya

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum terjadi gempa bumi susulan.

"Untuk itu masyarakat Pulau Bangka dihimbau agar tetap tenang, mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," kata Rahmat Triyono.

Rahmat Triyono menjelaskan gempa Bangka ini merupakan jenis gempa bumi dangkal yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif.

Baca: 9 Fakta Menarik Wanita Cantik yang Ditangkap Bareng Patrialis Akbar

Menurutnya, secara tektonik, letak wilayah Pulau Bangka memang jauh dari sumber gempa utama, seperti subduksi lempeng dan sesar regional, namun secara geologi wilayah Bangka terdapat sesar-sesar lokal.

Catatan gempa bumi di BMKG menunjukkan bahwa Bangka juga pernah diguncang gempa bumi berkekuatan M=4.0 pada 30 Agustus 2016 yang dirasakan di sebagian Pulau Bangka bagian utara.

Baca: VIDEO: Inilah Anggita Eka Putri Wanita Cantik yang Ditangkap Bersama Patrialis Akbar

Sebelum itu, pada wilayah ini juga pernah terjadi gempa bumi 4,8 SR, berkedalaman dangkal yang menimbulkan kerusakan ringan pada 2 Desember 2007.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved