Warga Rebo Ramai-ramai Nonton Tanjidor dan Barongsai

pertunjukan dua kesenian ini digelar dalam rangka Perayaan Imlek untuk menghibur masyarakat Desa Rebo dan sekitarnya.

Warga Rebo Ramai-ramai Nonton Tanjidor dan Barongsai
IST
Ahung bersama keluarganya saat membagikan angpau untuk masyarakat Desa Rebo saat perayaan Imlek, Sabtu (28/1/2017) di Desa Rebo.

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Hujan yang menguyur Sungailiat dan sekitarnya, Sabtu (28/1/2017) tidak menyurutkan warga Desa Rebo Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka untuk merayakan Imlek 2568.

Warga desa beramai-ramai mendatangi kediaman Ahau dan Ahung, Warga Rebo untuk melihat pertunjukan kesenian khas Betawi yakni Tanjidor yang dipadukan dengan kesenian khas China, Barongsai.

Perpaduan dua unsur kesenian ini berpadu apik ketika Tanjidor yang dimainkan oleh para siswa Setia Budi Sungailiat, dengan Barongsai yang dimainkan oleh pemuda Desa Rebo sendiri.‬

Diakui Ketua Panitia Perayaan Imlek 2568 Desa Rebo, Iwansyah pertunjukan dua kesenian ini digelar dalam rangka Perayaan Imlek untuk menghibur masyarakat Desa Rebo dan sekitarnya.

"Kegiatan ini untuk seluruh masyarakat yang merayakan Imlek.Ini cuma pawai Barongsai dan kesenian tradisional Tanjidor, untuk melestarikan budaya yang selama ini hampir terlupakan. Seperti Tanjidor, dulu pada tahun 1960-an dan 1979-an, sudah agak jarang (ditampilkan). Mungkin ada kesenian-kesenian yang dari luar, ini yang harus kita angkat lagi, yang kita harapkan bisa hidup kembali," kata Iwansyah didampingi Kades Rebo Fendi.

Menurutnya kesenian Tanjidor merupakan budaya khas Betawi, yang mengadopsi budaya Chinese.‬

"Saya sempat ngobrol dengan masyarakat Betawi, bahwa Tanjidor itu kental dengan budaya Chinesenya. Jadi bukan dari Betawi ke Chinesenya, tetapi kebudayaan Betawi itu sedikit mengadopsi pengaruh budaya Chinese. Itu sebatas yang kita tau dan kita dapatkan sejarahnya," jelas Iwansyah.‬

Kades Rebo Fendi mengatakan, mendukung kegiatan pagelaran dua kesenian ini dalam rangka Perayaan Imlek Tahun 2568 ini.‬

‪"Kami dari Pemerintah Desa Rebo selaku penanggungjawab kegiatan, mendukung sepenuhnya acara Barongsai dan Tanjidor ini," kata Fendi.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help