BangkaPos/

Motor Skutik Mulai Boros, Coba Periksa Bagian-bagian Ini

Sepeda motor menjadi moda transportasi yang efektif untuk perkotaan, apalagi Skutik.

Motor Skutik Mulai Boros, Coba Periksa Bagian-bagian Ini
kompas.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Sepeda motor menjadi moda transportasi yang efektif untuk perkotaan, apalagi Skutik.

Selain memiliki kemudahan dalam menggunakannya, kebanyakan Skutik yang dipasarkan saat ini sudah berbekal teknologi injeksi dan diklaim irit bahan bakar.

Meski demikian bukan berarti selamanya irit, seiring penggunaannya ada hal-hal yang membuat Skutik menjadi lebih boros dari biasanya.

Menanggapi fenomena ini, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center Rangga Noviar, menjelaskan, bahwa salah satu penyebabnya dikarenakan kurang perawatan.

"Cara menggunakan juga berpengaruh, tapi faktor utama tetap perawatan. Banyak orang hanya peduli pada pergantian oli mesin, tapi lupa dengan komponen lain yang berdampak pada konsumsi bahan bakar juga," kata Rangga kepada KompasOtomotif awal Januari 2017.

Filter udara, lanjut Rangga, sering tidak diperhatikan kondisinya.

Padahal bila sudah banyak kotoran akan menyumbat aliran udara ke ruang bakar berkurang. Hasilnya tentu pembakaran menjadi tidak sempurna akibat suplai udara yang tidak maksimal.

filter
filter udara sepeda motor matik

Selain filter, pola penggunaan busi juga wajib diperhatikan. Ada baiknya, dalam jarak waktu tertentu busi diganti baru sehingga daya percikan api untuk pembakaran tetap optimal.

"Ideal masa penggantian busi itu sekitar 10.000 km sekali. Meski busi lama masih bisa digunakan atau dibersihkan, tapi tidak menjamin daya percikannya masih bagus," ucap Rangga.

Kompresi Loyo

Halaman
12
Editor: Alza Munzi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help