Dapat Kucuran Dana APBN dan BUMN, Setiap Desa Akan Dibentuk BUMDes

BUMDes segera akan dibentuk di setiap desa karena akan ada bantuan berasal dari kucuran dana APBN dan bantuan BUMN

Dapat Kucuran Dana APBN dan BUMN, Setiap Desa Akan Dibentuk BUMDes
IST
Bupati Bangka Tarmizi Saat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Tarmizi Saat menyampaikan rencana percepatan pembangunan desa di kabupaten Bangka terkait dengan hasil pertemuannya dengan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Pembangunan desa ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa, sesuai dengan undang undang nomor 6 tahun 2014.

Penyampaian rencana tersebut dilakukan Bupati, Selasa (31/1) berlangsung di rumah Dinas Bupati Bangka di Sungailiat yang dihadiri para kepala desa dan camat.

Selain itu juga hadir Kepala SKPD terkait diantaranya Bappeda, Dinas Pertanian, Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Inspektorat dan 4 BUMDes di kabupaten Bangka.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan, hasil pertemuannya dengan menteri Desa dan PDTT yakni pihak kementerian akan mengucurkan bantuan dalam pembangunan desa di Kabupaten Bangka.
Dana yang akan dikucurkan tersebut berasal dari APBN dan bantuan dari Badan Usaha Milik Negera ( BUMN ).

Diantara rencana pembangunan yang akan dilakukan yakni pembuatan Embung di desa, yakni sebagai penampungan dan sumber air bagi desa yang pembangunannya dapat menggunakan Anggaran Dana Desa ( ADD ), irigasi dan pembentukan BUMDes untuk desa yang belum memiliki desa dan sejumlah rencana lainnya.

“BUMDes segera akan dibentuk di setiap desa karena akan ada bantuan berasal dari kucuran dana APBN dan bantuan BUMN,” jelasnya.

Bupati Bangka Tarmizi Saat mengatakan, sejumlah desa akan diusulkan kepada Kementerian Desa dan PDTT untuk mendapatkan bantuan pembangunan kawasan pedesaan, termasuk diantaranya pembangunan pasar desa.

“ Di Kabupaten Bangka sudah dibangun pasar desa, yakni di desa Sempan itu sudah baik,” ujarnya.

Disamping itu pembangunan kawasasan ekonomi pedesaan yang mengarah kepada satu desa satu produk, yang diharapkan dapat dilakukan BUMDes dengan bantuan dana dari BUMN.

Bupati mengharapkan desa yang belum memiliki BUMDes untuk segera dibentuk, sehingga dapat membantu pereknomian masyarakat desa.

Sedangkan untuk BUMDes yang sudah ada diantaranya BUMDes Labu, Pagarawan, Air Ruai dan Dalil untuk melengkapi administrasi dan kelengkapan lainnya, sehingga dapat diketahui Menteri Desa dan PDTT saat berkunjungan ke Kabupaten Bangka mendatang.

Menurutnya, maksud mengundang para kades dan Camat untuk memastikan rencana pembangunan desa di kabupaten Bangka sesuai dengan hasil pertemuan dengan Menteri Desa dan PDTT Eko Putro Sandjojo di Jakarta pekal lalu, sehingga bisa terealisasi dengan cepat.

Sebelumnya Bupati Bangka Tarmizi Saat menerima anggota Tagana dan Laskar Sekaban dalam jamuan makan siang di rumah Dinas Bupati.

Kesempatan itu Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tagana dan Laskar Sekaban yang telah membantu dalam penanggulangan bencana di kabupaten Bangka dengan cepat.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved