Pemburu Ular Kaget Baru Kali Ini Lihat Piton Sepanjang 10 Meter

Manto, yang berprofesi petani karet dan menyambi sebagai pemburu ular sanca, tidak menyangka mendapat ular yang besar itu.

Pemburu Ular Kaget Baru Kali Ini Lihat Piton Sepanjang 10 Meter
TRIBUNSUMSEL.COM/ARI WIBOWO
Warga sedang melihat ular sanca di halaman rumah Manto di Desa Betung, Kecamatan Abab Kabupaten PALI, Sumsel, Selasa (31/1/2017). 

BANGKAPOS.COM, PALI - Warga Desa Betung Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumsel, dihebohkan dengan penemuan ular sanca dengan bobot sekitar 100 kilogram dan panjang lebih dari 10 meter.

Pantauan, TribunSumsel.com, Selasa (31/1/2017) hewan melata itu menjadi tontonan anak-anak dan orang dewasa dan mulut ular diikat dengan tali agar tidak membahayakan warga.

Informasi yang dihimpun Tribun, Ular tersebut berhasil ditangkap Manto (35) yang sehari-hari berburu ular, Senin (30/1/2017).

Baca: Firza Husein Syok Berat, Habib Rizieq Tenang-tenang Saja

Ia kaget ketika mendapat ular sanca yang besar di perkebunan kelapa sawit.

Manto, yang berprofesi petani karet dan menyambi sebagai pemburu ular sanca, tidak menyangka mendapat ular yang besar itu.

"Biasa aku dapat (ular Sansa) paling panjang hanya 2,5 meter. Baru kali ini dapat ular 10 meter," kata Manto, Selasa(31/1/2017).

Baca: Indra Bekti Berduka, Putra Ketiganya Hanya Berusia 23 Menit

Manto menceritakan untuk mencari ular Sanca, bagi tidak sulit, dia hanya mencari jejak ular yang lewat. Selanjutnya Ia memberi umpan atau jebak untuk menangkap ular.

"Mudah (tangkap ular) kita cari bekas ular lewat, lalu kita beri umpan (Ikan, ayam) di tempat itu, lalu ular masuk dalam perangkap," katanya.

Masih kata Manto, hampir setiap hari berburu ular sanca, untuk menambah penghasilannya. Bahkan ia berburu ular di luar Kecamatan Abab.

"Ular ini aku dapat di perkebunan kelapa sawit di daerah Air Itam Kecamatan Penukal, kadang aku sampai ke Penukal Utara bahkan luar PALI untuk mencari ular, ini menambah penghasilan keluarga, kalau lagi beruntung dapat ular," ujar Manto.

Baca: Kesan Pertama Begitu Menggoda tapi Ada Daya Uang Zaskia Gotik Melayang Rp 300 Juta

Manto mengakui, ular dengan panjang 10 meter tanpa ada luka, memperkirakan ular tersebut bisa terjual sekitar Rp 700 ribu.

"Saat ini ular aku biarkan jadi tontonan warga. Sore aku bawa untuk dijual, takutnya ular tersebut terluka atau keburu mati kalau lama-lama seperti ini," jelas Manto.

Sementara itu, warga setempat mangaku penasaran dengan ular yang ditemukan oleh Manto, hingga akhirnya ramai-ramai ke tempat Manto untuk melihat ular Sanca besar.

"Penasaran katanya Manto, menemukan ular jadi kami, datang (rumah Manto) melihat ular itu, memang besar ularnya, katanya berat ular lebih dari 100 kilogram," kata Hoiru, satu diantara puluhan warga yang melihat ular.

Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help