Tertarik Jadi Guide, Ini Syarat yang Harus Diikuti

sebelumnya seorang calon guide harus dinyatakan lulus ujian yang diselenggarakan oleh Lembaga Studi Pengembangan LSP.

Tertarik Jadi Guide, Ini Syarat yang Harus Diikuti
IST
Suasana pelatihan guiding on the bus yang dilaksankan oleh DPC HPI Kabupaten Belitung. 

Laporan Wartawan Pos Belitung Dede Suhendar

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Menjadi seorang guide ternyata tidak mudah. Untuk bisa diakui sebagai guide wajib mengantongi selembar sertifikat dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Akan tetapi, sebelumnya seorang calon guide harus dinyatakan lulus ujian yang diselenggarakan oleh Lembaga Studi Pengembangan LSP.

"Kalau sudah lulus ujian dan mendapatkan sertifkat baru mereka diakui sebagai seorang guide. Tahun ini rencananya LSP akan mengadakan ujian langsung di Belitung," ujar Ketua DPC HPI Kabupaten Belitung, Erling Rinanto, Rabu (1/2/2017).

Ia menjelaskan, untuk persyaratan pendidikan formal calon guide minimal lulusan SMA sederajat. Akan tetapi, HPI masih mentolerir jika seorang calon sudah berpengalaman di bidang guiding.

Selain itu, harus mengikuti ujian kompetensi bidang kepemanduan atau Standar Komptensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

"Nanti seorang guide harus mentaati sembilan kode etik kepemanduan, seperti tidak memberikan informasi yang mengandung sara, harus berpenampilan menarik, komunikatif, harus mempromosikan daerah dan lainnya," jelas Erling.

Ia menambahkan, saat ini DPC HPI Kabupaten Belitung mempunyai anggota sebanyak 78 orang. Dari angka tersebut, 31 diantaranya sudah mempunyai skill bahasa asing yaitu Inggris dan Mandarin.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved